Selasa , 17 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SMAN 9 Bogor Raih Predikat Gudep Pramuka Tergiat

SMAN 9 Bogor Raih Predikat Gudep Pramuka Tergiat

Edupost.ID – Pihak sekolah SMAN 9 Bogor tengah bergembira karena ekskul Pramuka mereka meraih predikat Gugus Depan (Gudep) Tergiat 2015 se-Kota Bogor beberapa waktu lalu. Predikat ini diberikan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor saat mengadakan musyawarah cabang ke-XII di Ruang Rapat 1, Balaikota Bogor.

Hedi Nefosano, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 9 Bogor, saat ditemui Edupost.ID di kantornya menerangkan, predikat ini diberikan kepada sekolah tingkat SMA yang paling aktif ekstra kurikuler (ekskul) pramukanya. Kriteria penilaian berdasarkan agenda kegiatan dan prestasi selama satu tahun di ekskul pramuka tersebut.

Sebelum memberikan predikat tersebut, Kwartir Gerakan Pramuka memberikan akreditasi ke setiap Gudep untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Komponen Gudep yang akan diakreditasi meliputi data keanggotaan, standar administrasi Gudep, standar pengelolaan Gudep,  standar kompetensi pembina. Kemudian, standar kegiatan Gudep, standar pencapaian SKU, SKK dan SPG, standar sarana prasarana, pengalaman pembina mengikuti kegiatan pada bidang pendidikan, sosial dan keagamaan serta komponen penghargaan dan prestasi.

Kegiatan ekskul pramuka di SMAN 9 Bogor mendidik para siwa menjadi lebih mandiri serta menumbuhkan karakter yang cerdas seperti visi dan misi sekolah itu. Persiapan yang dilakukan oleh pihak sekolah yaitu memberikan pengarahan yang berkaitan dengan kegiatan kepramukaan dan mengadakan latihan satu kali dalam seminggu. Banyak kesulitan yang di alami oleh pihak sekolah selama masa persiapan menuju predikat gudep tergiat.

“Kesulitan yang kami hadapi untuk mencapai predikat ini yaitu latihan di sela-sela waktu luang. Jam belajar kami kan sampai jam empat sore, jadi agak susah kalau mau latihan. Kami usahakan seminggu sekali mengadakan latihan. Kesulitan lainnya yaitu tidak semua siswa suka ekskul pramuka tapi mereka suka dengan kegiatan kepramukaan seperti berkemah. Selain itu menerapkan kewajiban untuk mengenakan seragam pramuka juga menjadi kesulitan bagi kami, karena sebagian siswa malas untuk mengenakan seragam pramuka,” tambah Hedi Nefosano. (Nisa)

Check Also

Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya

Delapan Cara Mudah Hadapi Seleksi PTN 2017

Edupost.ID- SNMPTN atau SBMPTN adalah salah satu tes masuk perguruan tinggi dengan jalur tertulis. Setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *