Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Sekolah / SMK Latansa Mashiro di Banten Juarai Kompetisi Robot Nasional

SMK Latansa Mashiro di Banten Juarai Kompetisi Robot Nasional

LEBAK- SMK Latansa Mashiro berhasil menjuarai lomba robotik tingkat nasional yang diselenggarakan di Jakarta. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lebak, Banten, Asep Komar Hidayat menyampaikan, Disdikbud mendorong SMK Latansa Mashiro bisa maju ke ajang kompetisi internasional robotik di Singapura mendatang.

Asep mengungkapkan, selama ini pendidikan kejuruan yang ada di Kabupaten Lebak baik berstatus negeri maupun swasta terus meningkatkan perkembangan teknologinya. Selain itu, tenaga pendidik terus dioptimalkan mengikuti pelatihan dan pendidikan berupa workshop juga seminar-seminar tentang penerapan sains teknologi. Diantaranya SMK Pondok Pesantren Latansa Lebak yang berlokasi di Kecamatan Cipanas berhasil meraih juara nasional pada lomba robotik.

Ia menyampaikan, robot buatan siswa SMK Latansa itu dapat didisain jadi bermacam-macam fungsi diantaranya sebagai penghancur sampah, robot pemadam kebakaran dan lain-lain. Kemenangan ini, lanjutnya, merupakan kebanggaan bagi pemerintah daerah karena bisa mengalahkan sekolah-sekolah favorit lain dari berbagai daerah di tanah air.

Pihaknya, lanjut Asep, terus meningkatkan pembinaan agar pendidikan kejuruan di daerah Lebak memiliki kualitas dan kompetensi di bidang teknologi. Sesuai dengan tuntutan zaman, teknologi menjadi hal wajib yang harus dikuasai seluruh siswa SMK.

“Kami ingin mencetak lulusan SMK yang mampu menguasai teknologi dan siap bekerja,” ujarnya, dilansir ROL.

Selain siswa SMK Latansa yang meraih juara lomba robotik tingkat nasional, Asep menyebutkan juga terdapat SMK swasta di Kecamatan Warunggunung yang mampu memproduksi perangkat laptop. Saat ini, SMK tersebut menjalin kerja sama dengan perusahaan elektronika. Para tenaga pengajar di SMK Warunggunung itu bekerja keras agar siswanya mampu pemproduksi perangkat laptop.

Asep menambahkan, SMKN 1 Rangkasbitung memiliki keunggulan di bidang jaringan internet dan kini bekerja sama dengan pemerintah Korea Selatan. Setiap siswa yang lulus langsung direkrut pemerintah Korea Selatan untuk magang dan bekerja. “Kami berharap seluruh pendidikan kejuruan di Lebak menguasai teknologi,” ujar Asep.

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *