Jumat , 21 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / SMKN 6 Yogyakarta Lakukan Sertifikasi Keahlian

SMKN 6 Yogyakarta Lakukan Sertifikasi Keahlian

Edupost.ID, Yogyakarta – Dalam menuhi persaingan sektor tenaga kerja pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlangsung sangat ketat, lulusan SMK tidak hanya harus mengantongi ijazah kelulusan, tetapi juga harus mengantongi sertifikat profesi sebagai bukti kompetensi. Untuk itu, para pengelola SMK mulai membuat ujian sertifikasi profesi, seperti yang dilakukan oleh SMKN 6 Yogyakarta.

Sekolah kejuruan yang konsen menyiapkan tenaga kerja handal di bidang pariwisata ini mengaku tengah menyiapkan ujian sertifikasi bagi lulusannya. Kebetulan, pada tahun ini sekolah SMKN 6 Yogyakarta ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai tempat uji kompetensi.

“Kami ditunjuk oleh BSNP sebagai tempat pelaksana uji kompetensi yang namanya LSP 1,” kata Kepala sekolah setempat, Darwestri.

Sehubungan dengan itu, SMKN 6 Yogyakarta sudah kedatangan tim asesor untuk melakukan penilaian awal sebelum mendapat lisensi resmi dari BNSP. Namun, dikatakan Darwestri, sampai hari ini sekolahnya masih belum memperoleh lisensi dari BNSP. Untuk mendapat lisensi resmi, masih ada persyaratan yang harus dipenuhi. “Kami harus melaksanakan ujian sebelum diturunkan lisensi minimal diikuti oleh 80 peserta,” terang kepala sekolah.

Darwestri melanjutkan, untuk melaksanka ujian sertifikasi itu pihak sekolah masih memiliki kendala dalam pendanaan. Karena menurut kepala sekolah, untuk melaksanakan uji kompetensi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menyiasati persoalan ini, sekolah akan menggunakan dana sisa KMS. Sebanyak 80 siswa dari semua jurusan rencananya akan mengikuti ujian kompetensi profesi dari BSNP ini.

Jika nanti sekolah ini telah memperoleh lisensi resmi sebagai LSP, maka semua lulusan akan diikutkan dalam sertifikasi profesi BNSP.

“Harapan saya, anak saya bisa lulus dan bekerja sesuai jurusannya dan mempunyai kesempatan yang sama dengan negara Asean lainnya,” pungkas Darwestri. (Andi)

Check Also

Andi Kurniawan, service management region BNI Kantor Wilayah Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada para tenaga kependidikan di Fakultas Farmasi UGM.

Tingkatkan Layanan, Fakultas Farmasi UGM Gelar Pelatihan Tenaga Kependidikan

Yogyakarta – Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa, mitra, atau tamu, Fakultas Farmasi UGM bekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *