Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SMP Mugadeta Borong Lima Gelar Juara di Kontes Robot Nasional

SMP Mugadeta Borong Lima Gelar Juara di Kontes Robot Nasional

Edupost.ID, Sleman – SMP Muhammadiyah Tiga Depok Yogyakarta (Mugadeta) pada tahun ini menorehkan prestasi membanggakan dalam bidang robotika. Keikutsertaannya dalam Kontes Robot Nasional tahun 2015 mengantarkan Mugadeta menjuarai 5 kategori lomba. Kepala SMA Mugadeta, Wakhid Effendy, mengatakan hal ini di ruang kerjanya Kamis (28/5) pagi.

Kontes Robot Nasional tahun ini digelar di Taman pintar Yogyakarta pada Bulan Februari yang lalu. Kontes ini memperlombakan lima kelas, yaitu kelas senior, junior, tarung, dan umum. Namun, SMP Mugadeta hanya mengirimkan delegasi untuk kelas senior, junior, dan umum.

Wakhid menjelaskan, pihaknya mengirimkan 10 tim di ajang bergengsi ini. “5 tim senior, 3 tim yunior, dan 2 tim umum,” ujarnya. Wakhid menambahkan, dari 10 tim yang diberangkatkan, ada lima tim yang berhasil menjadi juara. Kelima tim tersebut adalah satu tim senior yang berhasil menjadi juara pertama, dua tim yunior berhasil menjadi juara 1 dan juara 2, serta satu tim umum menjadi juara 2.

Ketika dimintai pendapat tentang keberhasilan anak didiknya dalm kontes robot ini, Wakhid mengatakan bahwa dirinya merasa sangat bangga dengan peserta didiknya. Selain itu, menurutnya keberhasilan ini sesuai target yang dibuat oleh sekolah. “Keberhasilan ini memang sesuai target. Kami kan sekolah swasta yang tidak mungkin mengejar target akademik, jadi kami kejar dengan prestasi non akademik,”  katanya.

Keberhasilannya pada kontes robot ini bukan hal baru bagi SMP Mugadeta. Bahkan, menurut Wakhid, sekolahnya telah berhasil menjadi juara 5 pada Kompetisi Roket Air di Singapura pada tahun 2011. “Pesertanya dari 45 negara di Asia Pasifik. Alhamdulilah berhasil jadi juara ke 5,” kata Wakhid. Ditambahkan Wakhid, saat itu yang berhasil menjadi juara pertama adalah Kamboja.

Wakhid mengaku tidak mudah untuk menuju Singapura. Sebelumnya sekolahnya harus melewati kompetisi di tingkat nasional di Jakarta. “Di Jakarta kami juara 3, akhirnya kami diberangkatkan ke Singapura,” imbuhnya. (Andi)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Tuan Rumah Workshop Kedokteran Hewan Indonesia dan Jepang

Edupost.Id- Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah dalam acara workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *