Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SMP Mugadeta Sukses Terapkan Full Day School
SMP-Mugadeta-Sukses-Terapkan-Full-Day-School
SMP Mugadeta. (Foto: andi)

SMP Mugadeta Sukses Terapkan Full Day School

Edupost.id – SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman atau yang dikenal dengan Mugadeta menjadi salah satu sekolah yang sukses menerapkan sistem full day. Meski harus berada di sekolah hingga sore hari, siswa di sekolah ini mengaku tidak pernah merasa bosan. Semua siswa sekolah ini sudah merasa nyaman dengan sistem ini. Demikian diungkapkan waka kurikulum sekolah ini, Luky Kurniawan.

Kepada Edupost.id, Luky mengatakan, sekolahnya sudah menerapkan sistem full day sejak tahun 2011. Berdasarkan pengalaman di sekolahnya, kunci utama menyelenggarakan full day school terletak pada sistem pembelajarannya. Dalam mengajar, seorang guru harus mampu membangun minat dan motivasi siswa untuk belajar.

“Kuncinya pada sistem pembelajaran. Di sini guru mengajar sudah memanfaatkan IT, sehingga tidak membosankan. Untuk mencegah kejenuhan, mapel yang sulit diberikan pada pagi hari,” terang Luky.

Ditambahkan, setiap harinya siswa dibiasakan untuk melaksanakan ibadah di sekolah. Pagi hari sebelum pelajaran dimulai mereka tadarus Al Quran. Pada istirahat pertama melaksanakan  sholat Duha, sedangkan istirahat kedua sholat Duhur berjamaah. Setiap harinya, mereka juga harus setor hafalan Al Quran. Sebelum pulang, mereka harus melaksanakan sholat Ashar berjamaah.

Luki menjelaskan, sistem full day school daoast menjadi solusi terbaik ketika masyarakat tidak bisa ramah terhadap anak. Seiring globalisasi, masyarakat menjadi cuek dengan anak. Banyaknya orang tua yang sibuk bekerja mermbuat anak kurang pengawasan ketika berada di luar sekolah. Oleh karenanya, menurut Luky, lebih baik anak berada dii sekolah sekolah sampai sore dari pada kurang memiliki pengawasan orang tua.

Ketika Mendikbud mewacanakan akan menerapkan full day school di SD dan SMP, Luky mengaku siap melaksanakan program itu. Menurutnya, ada dampak positif penerapan full day di sekolahnya. “Prestasi non akademik siswa meningkat setelah diterapkan full day. Selain itu, siswa juga memiliki karakter yang baik,” katanya.

Sejak 2011, SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman menerapkan sistem full day. Setiap Senin hingga Jumat siswa masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 16.00. Sedangkan tiasp Sabtu siswa pulang pukul 11.00, hanya mengikuti program pengembangan diri, seperti olah raga, robotik, dan lainnya. (Andi)

Check Also

SMP Mugadeta Juara 1 Kontes Robot Indonesia

SMP Mugadeta Juara 1 Kontes Robot Indonesia

Edupost.ID – SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman (Mugadeta) baru – baru ini telah meraih juara  …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *