Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Raih Indonesia Green Award 2016
SMP-Muh-1-Yogyakarta-raih-Indonesia-Green-Award-2016
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta raih Indonesia Green Award 2016

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Raih Indonesia Green Award 2016

Edupost.id, Yogyakarta – SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta semakin meneguhkan diri sebagai sekolah yang peduli lingkungan. Tahun ini sekolah yang terletak di Purwodiningratan Yogyakarta ini meraih Indonesia Green Award (IGA) 2016.

Penghargaan diterima Kepala SMP Muhamnadiyah 1 Yogyakarta, Suprapto di Jakarta akhir Mei lalu. Penghargaan yang sama sudah diraih sekolah ini pada 2012 dan 2014.

Pengelola lingkungan hidup sekolah ini, Sri Rokhmaniyati mengatakan, tahun ini pihaknya membuat inovasi berupa tanaman sayur sistem hidroponik. “Inovasi tahun ini adalah sayuran sistem hidroponik. Sayuran kangkung untuk makan burung Parkit yang ada di belakang. Sayuran sawi biasa dipetik Bapak Ibu guru,” ungkap Sri.

Hal yang sangat sulit dilakukan untuk membangun lingkungan sekolah yang sehat adalah membiasakan seluruh warga sekolah untuk menjaga kebersihan. Yang paling susah, menurut Sri adalah siswa. Salah satu yang dilakukan adalah mengintegrasikan materi pembelajaran di kelas dengan menciptakan lingkungan sehat. Selain itu, setiap harinya siswa selalu diajak membersihkan kelasnya dari sampah.

“Sepuluh menit sebelum mulai pelajaran anak wajib membuang sampah yang ada di kelas. Pelajaran tidak akan dimulai sebelum kelas bersih,” ujar Sri yang juga sebagai guru IPA itu.

Selain meraih IGA, sekolah ini juga mendapat penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2011, dan Asean Eco Schools Award 2012. Setelah meraih berbagai penghargaan di bidang lingkungan, sekolah ini tetap akan berusaha meningkatkan kebiasaan menjaga lingkungan.

Sri juga memiliki inovasi baru di bidang lingkungan. Namun, ia masih belum bersedia mengungkap rencana inovasi itu. Yang pasti, pihaknya akan tetap membangun kesadaran seluruh warga sekolah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. (Andi)

Check Also

smp-muhammadiyah-1-yogyakarta

PPDB, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Sediakan Empat Program

Edupost.id, Yogyakarta – SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *