Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah anak. Sekolah ini menjadi satu diantara 20 sekolah dasar dan menengah pertama yang menjadi pilot sekolah ramah anak Kota Yogyakarta.

Kepala SMPN 15 Kota Yogyakarta, Siti Arina Budiastuti menerangkan, sejak dicanangkan sebagai pilot sekolah ramah anak, pihaknya langsung berupaya meningkatkan kenyamanan bagi siswa di sekolahnya. Sekolahnya terus mengupayakan prinsip sekolah yang bersih, rapi, aman, nyaman, teratur, dan inklusif.

Secara fisik, beberapa fasilitas di sekolah ini sudah memenuhi aspek ramah anak. fasilitas yang tersedia di sekolah ini antar lain tangga sekolah yang dilengkapi rambu, tempat atau fasilitas bermain, hingga sarana kelas dengan kamera pengawas untuk menekan angka perundungan. Fasilitas ini merupakan bantuan dari pemerintah melalui Kemenko Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan maupun dari LSM.

Siti menambahkan, sekolah ramah anak tak melulu soal fasilitas fisik. Untuk itu, pembangunan kualitas non fisik juga terus dikembangkan. Indikator-indikator ramah anak yang mengacu pada hak hidup dan hak berkembang anak juga menjadi fokus yang terus dikembangkan.

Salah satu bentuknya adalah tes psikologi bagi siswa baru. Hasil tes tersebut berfungsi untuk melihat bakat dan minat siswa yang kemudian akan dikembangkan oleh sekolah. Hasilnya, SMP 15 Kota Yogyakarta berhasil meraih berbagai prestasi akademik maupun non-akademik.

“Kita mengalokasikan siswa untuk berkembang sesuai minat dan bakatnya secara maksimum, kita juga melayani konseling bagi mereka yang ternyata dinilai masih kurang,” jelasnya.

Sebqgai bentuk perhatian pemerintah terhadap sekolah ramah anak ini, Staf Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan RI Sylvana Maria Apituley turut mengunjungi SMP Negeri 15 Yogyakarta. Kunjungan ini dilakukan pada Senin (18/9). (Andi)

Check Also

Empat Sekolah Jadi Rintisan Sekolah Ramah Anak

Empat Sekolah Jadi Rintisan Sekolah Ramah Anak Yogyakarta

Edupost.ID – Empat sekolah di Kota Yogyakarta telah ditetapkan sebagai rintisan sekolah ramah anak. Empat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *