Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Sekolah / Syarat Kelulusan, Siswa Pesantren Hidayatullah Ujian Terbuka Hafalan Al Quran

Syarat Kelulusan, Siswa Pesantren Hidayatullah Ujian Terbuka Hafalan Al Quran

SURABAYA – Pesantren Hidayatullah Surabaya menerapkan syarat kelulusan bagi para siswanya dengan mengikuti ujian terbuka hafalan Al Quran. Sebanyak 26 siswi kelas 9 SMP Putri Luqman Al Hakim di Pesantren itu telah melaksanakan ujian terbuka hafalan Al Quran di hadapan orang tua, dewan guru, dan siswa sekolah setempat, Sabtu (30/5).

Dalam ujian terbuka itu, para siswa melantunkan hafalan Al Qurannya sebanyak tiga juz yang dinilai oleh dewan guru untuk menentukan kelulusan mereka. Hafalan yang mereka miliki itu merupakan hasil yang sudah mereka hafal selama tiga tahun mengenyam pendidikan yang dari Sekolah Integral Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya.

Zara Fasa, salah satu orangtua dari peserta ujian terbuka. “Saya terharu dengan model ujian Alquran terbuka itu. Saya terharu melihat peserta tampil, saya juga merasa gugup saat melihat anak saya tampil,” tuturnya.

Ia mengatakan, dirinya baru mengetahui bahwa SMP Luqman al Hakim mengadakan proses pembelajaran model itu. Menurutnya, ujian Al Quran secara terbuka itu sangat bagus. “Selain kita dapat menyaksikan secara langsung hasil dari proses selama tiga tahun di bidang Alquran, sekaligus juga melihat kualitas mental siswi ketika berada di hadapan khalayak,” ucapnya.

Sementara itu, Risa Rizkyani, peserta pertama dalam ujian terbuka Al Quran mengaku telah siap, karena ia sudah mempersiapkan sejak proses pembelajaran, bukan saat ujian sudah dekat. Di Surabaya, ujian serupa juga telah dijalani siswa SMP Khadijah, Wonokromo, Surabaya. Namun, ujian Al Quran yang menjadi syarat kelulusan di sekolah itu berkaitan dengan tajwid dan tilawah yang bekerja sama dengan Pesantren Ilmu Alquran, Singosari, Malang. (ANT/IK-SS)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *