Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Tiga Besar Nilai UN IPA Diborong SMAN 3 Yogyakarta

Tiga Besar Nilai UN IPA Diborong SMAN 3 Yogyakarta

Edupost.ID, Yogyakarta – Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA tahun 2015 telah diumumkan. SMAN 3 Yogyakarta berhasil menunjukkan prestasi yang membanggakan. Posisi tiga besar UN SMA IPA di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ketiganya diraih oleh siswa SMAN 3 Yogyakarta.

Waka Humas SMAN 3 Yogyakarta, Agus Santoso mengatakan hal tersebut kepada Edupost.ID di ruang kerjanya.

Ketiga siswa peraih UN  SMA IPA tertinggi yakni Selma Mutiara Hani menjadi peraih UN SMA IPA tertinggi di DIY dengan nilai 562,1. Sementara, tertinggi kedua adalah Daniel Saragih dengan nilai 561,4. Menyusul di bawahnya ada Abi Rafdi A dengan nilai 560,9.

Namun, Agus menambahkan, SMAN 3 Yogyakarta tidak berhasil menjadi yang terbaik untuk SMA IPS. “Untuk IPS tidak terbaik”, ujarnya. Ia menyebutkan, peraih nilai tertinggi untuk IPS di SMAN 3 Yogyakarta adalah Lidiana Safira dengan nilai 521,5.

Mengenai jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), menurut Agus jumlahnya cukup besar. “Ada 125 yang diterima di PTN dengan prosentase 56 %,” imbuhnya.

Namun, yang paling membanggakan pihak sekolah adalah ada dua siswa yang mendaftar dan diterima di program pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka adalah Fitriana Nur Afifah yang diterima di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Alfiani Indah Puspitasari diterima di Pendidikan Matematika.

“Kalau diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah biasa, tapi kalau ada yang mau masuk pendidikan di UNY ini luar biasa. Dari tahun  ke tahun, siswa di sini lebih tertarik ke UGM,” kata Agus. Padahal, menurut Agus, bangsa ini membutuhkan guru-guru berkualitas. Oleh karenanya, pihaknya sangat mengapresiasi dua siswanya yang tertarik menjadi calon pendidik. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *