Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Sekolah / Tiga Siswa MAN di Solok Selatan Ciptakan Sikat Cuci Hemat Sabun

Tiga Siswa MAN di Solok Selatan Ciptakan Sikat Cuci Hemat Sabun

PADANG- Tiga orang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauralabuh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menciptakan sikat untuk mencuci pakaian berbusa. Ketiga siswa tersebut yakni Muhammad Idris, Afdal Ahmad dan Nikmato Fadila.

Ketiga siswa yang masih duduk di kelas XII jurusan IPA ini memodifikasi sikat mencuci pakaian yang ada dengan menambahkan lubang di sela-sela bulu-bulu sikat kemudian menutup lubang penutup.

“Kami menerapkan hukum fascal, dimana tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Jadi setelah diberi lubang, kemudian diletakan sabun cuci lalu diberi tekanan membuat sabun itu keluar melalui lubang-lubang yang telah dibuat,” papar Muhammad Idris, dilansir Antara.

Idris menerangkan, dengan metode ini, sebut akan menghemat sabun, waktu dan tenaga. “Konsep yang kami terapkan adalah efektif dan efisien. Yang sederhana itu bukan hanya sederhana, tapi juga berharga,” tandasnya.

Ia menyebutkan, karya mereka ini terinspirasi dari kebiasaan masyarakat di sekitar lingkungannya yang mencuci menggunakan sikat. Karya ciptaan tiga siswa ini pernah meraih juara pertama lomba “Physics Festival 2014” yang diadakan Universitas Andalas (Unand) Padang.

Idris menuturkan, setelah meraih juara pertama dalam lomba tersebut ia bersama rekannya memperoleh permintaan untuk membuat sikat mencuci tersebut dari teman-temannya serta beberapa dewan juri dan panitia lomba tersebut.

Secara terpisah,  Kepala MAN Muaralabuh, Jasrul mengucapkan,  pihaknya mendorong dan mendukung siswa untuk kreatif dalam segala bidang.

“Kami dari sekolah terus mendukung dengan pembinaan dan dana bagi siswa yang kreatif,” ujarnya. (KL/IP)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *