Kamis , 18 Januari 2018
Home / Kabar Sekolah / Tim SMP Mugadeta Boyong Piala Kompetisi Robot Nasional

Tim SMP Mugadeta Boyong Piala Kompetisi Robot Nasional

Edupost.id – Tim Robotik SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) kembali mencatatkan namanya sebagai peraih juara lomba robot nasional. Kali ini, anak-anak Mugadeta berhasil meraih dua juara pada ajang Ahmad Dahlan Robotic Competition (ADRC) 2017 di XT Square Yogyakarta, Rabu (27/12).

Waka Kesiswaan SMP Mugadeta, Ary Gunawan kepada Edupost.id menuturkan, pada ajang ADRC 2017, sekolahnya berhasil meraih Juara 3 Sumo RC dan juara 3 Line Follower Microcontroler. Atas prestasi ini, tim Mugadeta berhak mendapat hadiah berupa Trophy Rektor UAD dan uang pembinaan 1 juta rupiah.

Pada kejuaraan ini, juara 3 Sumo RC direbut oleh tim Platinum G-Micin atas nama Arsy Muhammad Rafi H dan Arfilino. Sedangkan Juara 3 Line Follower Microcontroler direbut oleh tim Platinum Ichideta atas nama Muhammad Iqbal Daniswara.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas prestasi anak. Kami berusaha terus mempertahankan trend positif robotika dan berusaha mengikuti event yang lebih tinggi di kancah internasional,” ujar Ary, Jumat (29/12).

Tahun ini, menurut Ary adalah tahun kedua keikutsertaan tim robotik binaannya pada ajang ADRC. Tahun 2016, tim sekolah ini berhasil memboyong tropi Juara 3 kategori Sumo.

Diterangkan Ary, ADRC 2017 diikuti oleh 75 tim Line Follower Microcontroler dari SMP/SMA/SMK, dan 48 tim Sumo RC dari SD/SMP. SMP Mugadeta, kata Ary, mengirimkan 6 tim ke ajang ADRC 2017 ini.

Sebelum bertarung di ajang ADRC, tim robotik sekolah ini sebelumnya sudah berhasil meraih juara lomba robotik di Transtudio Bandung tingkat nasional dan serumpun. Membawa 10 tim, sekolah ini meraih Juara 4 Line Follower, penghargaan Best Techinical dan 2 Special Award.

Juara 4 Line Follower dan Best Technical diraih oleh tim Platinum Wich atas nama Ramadhan, Muhammad Farhan, dan Rakka Nayottama. Special Award diraih oleh tim Platinum Mega atas nama Arsy Muhammad Rafi H, dan tim Platinum Moba Analog atas nama Fachrizal Faisal dan M. Rafif H.

“Persiapan ADRC sekitar 1 bulan sekaligus persiapan even di Bandung. Alhamdulillah sudah libur semester jadi bisa rutin setiap hari,” kata Ary.

Selain itu, siswa SMP Mugadeta hari ini Jumat (29/12) juga menerima penghargaan beasiswa prestasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Penghargaan diberikan kepada Tim Platinum Hero, atas nama Sultan Dhaniswara Frijadi dan Alief Aulia R. Penghargaan ini didapat lantaran dua siswa ini meraih Juara 1 Best Design dan Pemrograman Arduino Robotika Sleman 2017. (Andi)

Check Also

Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games

Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games

Edupost.id – Tim Platinum Robotics SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) borong juara di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *