Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / Tim Robotik SMP Mugadeta Juara 1 Kompetisi Ebotec
Tim Robotik SMP Mugadeta Juara 1 Kompetisi Ebotec
Tim Robotik SMP Mugadeta Juara 1 Kompetisi Ebotec

Tim Robotik SMP Mugadeta Juara 1 Kompetisi Ebotec

Edupost.id – Tim Robotik siswa SMP Muhammadiyah Depok 3 Sleman Yogyakarta (Mugadeta) telah mengukir prestasi di bidang robotik pada ajang Elins Robotics Competition (Ebotec) 2017 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi UGM Minggu, (27/8). Tim Platinum X23 SMP Mugadeta berhasil meraih juara 1 kategori Line Follower Analog atas nama Muhammad Fadhil Rafi S. dan Alief Aulia R.

“Kami selaku kesiswaan merasa bangga dan tertantang untuk berprestasi di level selanjutnya. Kado awal tahun pelajaran yang manis untuk Mugadeta dan Milad Muhammadiyah Rabu besok,” kata Waka Kesiswaan SMP Mugadeta, Ary Gunawan kepada Edupost.ud Senin (28/8).

Ditambahkan Ary, sekolahnya memang sangat serius mengembangkan bidang robotik di kalangan siswanya. Setiap Sabtu, siswa yang tertarik dengan bidan robotik diberikan pendampingan robotik. Selain itu, menjelang keikutsertaan dalam lomba, siswa – siswanya juga didampingi secara intensif selama dua hari.

Meskipun telah meraih juara pada kompetisi ini, Ary tetap melakukan evaluasi pada timnya. Menurutnya, beberapa kendala teknis dan mental tim masih perlu dibangun.

“Kami perlu mengintensifkan latihan dan membangun mental. Beberapa tim yang belum berhasil karena kesalahan nonteknis seperti switch kurang terpasang baik dan anak kurang percaya diri, sehingga terlambat start. Maklum masih kelas 7 dan 8,” ujarnya.

Selain tim siswa, SMP Mugadeta juga merasih juara 1 kategori Mini KRI pada ajang yang sama. Namun, pada kategori ini bukan tim siswa yang meraih juara, tetapi pelatih tim. “Yang mini KRI pelatihnya yang juara, atas nama Fahruddin Hasan. Jadi tim anaknya dan pendampingnya sama – sama Juara 1,” pungkasnya.

Ebotec adalah bagian dari acara Festival Elektronika Indonesia (FEI) yang digelar Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi UGM. Kompetisi ini terdiri dari empat kategori, yaitu Line Follower Analog, Sumo Robot, Mini KRI, dan Low Cost Innovation. (Andi)

Check Also

Universitas Negeri Malang Gelar Lomba Robot Nasional

Universitas Negeri Malang Gelar Lomba Robot Nasional

Edupost.id – Workshop Elektro Universitas Negeri Malang akan menggelar lomba robot tingkat nasional, Line Tracer …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *