Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Sekolah / Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games
Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games
Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games

Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games

Edupost.id – Tim Platinum Robotics SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) borong juara di ajang Osaka Robotic Games (ORG), di Osaka Jepang, 29 Oktober 2017. Pada ajang bergengsi ini, tim yang beranggotakan Nafian Falah Akbar dan M. Rafa Farel Ardian berhasil membawa enam gelar juara.

“Kami sangat bersyukur dan semoga hasil kali ini bisa ditingkatkan di masa depan,” ujar Waka Kesiswaan SMP Mugadeta, Ary Gunawan, Selasa (31/10).

Disebutkan Ary, pulang ke Indonesia timnya membawa hasil positif pada semua kategori yang diikuti, yaitu Maze Solving, Line Follower Analog, dan Robot Sumo. Pada kategori Line Follower Analog, tim ini berhasil merebut medali perak dan perunggu. Nafian Falah Akbar berhasil merebut medali perak, sedangkan medali perunggu direbut Rafa Farel Ardian.

Sementara pada Kategori Maze Solving, Rafa Farel Ardian berhasil menempati posisi ke tiga. Sedangkap pada Kategori Sumo RC, Nafian dan Rafa masing-masing berhasil merebut juara tiga dan empat. Tidak hanya itu, Tim Platinum Robotics Mugadeta juga dinobatkan menjadi Best Technical kategori Sumo RC.

“Hasil ini jauh di atas target yang kami inginkan. Mengingat ini baru kali pertama ikut serta. Target awal menjadi finalis,” imbuh Ary.

Pengembangan diri robotika, kata Ary, merupakan program unggulan di SMP Mugadeta. Tak heran, banyak prestasi yang telah berhasil ditorehkan tim robotik sekolah ini, mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Menjelang kompetisi, latihan secara intensif selalu dilakukan untuk mempersiapkan tim sebaik mungkin. Bahkan, satu hari menjelang keberangkatan, latihan masih tetap berjalan.

ORG merupakan kompetisi robot Internasional yang dilaksanakan rutin setiap tahun yang melibatkan banyak negara. Tahun ini adalah tahun pertama bagi sekolah ini menjadi bagian kompetisi bergengsi ini. “Mental anak perlu kami asah lagi. Sedikit demam panggung dan mungkin faktor cuaca,” pungkas Ary. (Andi)

Check Also

Lomba Robotik untuk Pelajar Bertema NKRI Harga Mati

Lomba Robotik untuk Pelajar Bertema NKRI Harga Mati

Edupost.id – Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) Yogyakarta akan mengadakan Mechatronc Robot Competition (Mecbot Competition) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *