Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / TSC SMAN 1 Yogyakarta Gelar Exacta se-DIY Jateng

TSC SMAN 1 Yogyakarta Gelar Exacta se-DIY Jateng

Edupost.ID, Yogyakarta- Teladan Science Club (TSC) SMAN 1 Yogyakarta tahun ini kembali mengadakan Exacta atau kompetisi MIPA bagi siswa SMP se DIY-Jateng, (14/2). Olimpiade yang diikuti 409 pelajar ini diadakan di lingkungan SMAN 1 Yogyakarta.

“Untuk mempromosikan teladan; menciptakan kompetisi yang kompetitif dan berbudi pekerti luhur; mencari generasi unggul,” ujar Ketua Umum Exact 2016, Danang Primayogi menjelaskan latar belakang diadakannya acara tersebut.

Danang menjelaskan, olimpiade ini diawali dengan babak penyisihan. Kemudian sambil menunggu hasilnya, peserta dikumpulkan di aula dan menikmati berbagai hiburan. Selain itu, ada sesi pembahasan soal oleh pembuat soal.

Kemudian, dilanjutkan semi final dan seminar tentang KTI. Jika pada babak penyisihan soal berupa soal tertulis, kali ini praktikum. Peserta yang tidak lolos semi final mendengarkan seminar yang diisi alumni yang pernah menjuarai lomba tingkat internasional.

Sedangkan final berbentuk LCC (Lomba Cerdas Cermat). Di samping itu, TSC juga menggelar pameran penelitian. Berbagai karya pelajar SMAN 1 Yogyakarta dipamerkan di sekitar aula.

Akhirnya terpilih tiga pemenang Exact. Juara pertama mendapatkan tropi bergilir, uang 3 juta dan beasiswa (jika masuk sekolah ini). Juara kedua mendapat uang 2 juta dan juara 3 mendapat uang 1 juta. Juara kedua dan juara ketiga juga mendapat beasiswa dan tropi.

Danang berharap, “Nanti yang menang bisa masuk SMA ini.” Selain itu, panitia acara ini berharap bisa menunjukkan citra positif Teladan dan bisa diadakan lagi tahun depan.  (Nurfi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *