Jumat , 31 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / UNBK, SMA 1 Yogyakarta Siapkan 100 Komputer

UNBK, SMA 1 Yogyakarta Siapkan 100 Komputer

Edupost.ID, Yogyakarta – Sebagai salah satu sekolah pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016, SMA N 1 Yogyakarta telah menyiapkan sarana prasarana penunjang. Perangkat komputer dan ruang ujian telah disiapkan dengan baik.

Petugas Teknologi Informasi sekolah setempat, Sophan Setiawan menuturkan, pihaknya telah menyiapkan 100 unit komputer untuk UNBK. Komputer-komputer itu menempati tiga ruang. Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan tiga Local Area Network (LAN) untuk menunjang pelaksanaan UNBK.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat rencana antisispasi berkaitan dengan kemungkinan padamnya aliran listrik PLN. Agar proses ujian tidak terganggu saat listrik padam, sekolah akan menyewa genset.

Kepala SMAN 1 Teladan Yogyakarta, Rudy Prakanta menambahkan, sekolahnya siap menyelenggarakan UNBK 2016. Komputer yang tersedia dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan 297 siswa peserta ujian di sekolahnya.

Selain persiapan sarana prasarana, menurut Rudy, juga akan menyiapkan para siswanya dalam menghadapi ujian. Untuk itu, serangkaian uji coba UNBK akan dimulai pada bulan Desember 2015. “Uji coba akan dilaksanakan mulai 3-9 Desember 2016 untuk tingkat DIY dan Nasional,” ujarnya. Ditambahkannya, untuk uji coba tingkat sekolah akan diagendakan setelah itu.

Rudy juga mengatakan, UNBK lebih praktis dibanding ujian manual. Selain itu, sistem ini juga dapat mengurangi kemungkinan kecurangan. Meskipun ujian dengan komputer, Rudy tetap akan memberikan kertas buram kepada peserta ujian khususnya pada mata ujian yang membutuhkan perhitungan. (Andi)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *