Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / UNBK, SMAN 9 Yogyakarta tambah 40 Komputer

UNBK, SMAN 9 Yogyakarta tambah 40 Komputer

Edupost.ID, Yogyakarta – Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMAN 9 Yogyakarta menyiapkan 80 unit komputer untuk memenuhi kebutuhan 189 siswa calon peserta UNBK tahun ini. Sebelumnya, pihak sekolah telah memiliki 40 unit komputer. Karena masih kurang, akhirnya pihak sekolah melakukan pengadaan sebanyak 40 unit untuk melengkapi. Demikian disampaikan oleh Kepala SMAN 9 Maman Surakhman, Kamis (4/2).

“Kami menambah 40 unit komputer lagi,” ujar Maman.

Ditambahkan Maman, berdasarkan peraturan Mendikbud, jumlah komputer yang harus disiapkan sepertiga dari jumlah siswa yang mengikuti UN. Tahun 2016 ini ada 189 siswa SMAN 9 yang mengikuti UN. Dari jumlah itu, kebutuhan minimal komputer adalah 63 unit komputer. Sehingga dengan ketersediaan 80 unit komputer, pihak sekolah mengaku memiliki jumlah komputer melebihi ketentuan minimal.

Sedangkan untuk mempersiapkan siswanya menghadapi UNBK, Maman mengaku telah membuat program pendalaman materi UN. Program ini berbentuk penambahan jam pelajaran tertentu.  Maman juga telah memiliki strategi jitu untuk menghindarkan siswa – siswanya dari kebosanan.  Agar jalannya penambahan jam pelajaran tidak membosankan, dibuat dengan cara tutorial sebaya. Tiap kelas dipilih dua orang siswa untuk menjadi tutor.

Pemilihan tutor dilakukan melalui mekanisme seleksi. Siswa yang menjadi tutor harus lebih menguasai dibanding teman lainnya. Tutor tersebut membantu teman lainnya dalam menyelesaikan soal. Dengan sistem ini diharapkan siswa menjadi lebih nyaman belajar, karena bersama teman sebayanya.

Maman memperinci, tiap kelas dibagi dalam beberapa kelompok yang masing – masing terdiri dari  empat siswa. Di sini, peran guru bukan sebagai satu – satunya sumber. Guru hanya melontarkan soal sebagai pancingan, sedangkan pengerjaan soal tersebut didampingi oleh tutor sebaya. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *