Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Anda Punya Masalah Bau Mulut? Kenali Tujuh Penyebabnya
Penyebab bau mulut
Penyebab bau mulut (dentistry doc.)

Anda Punya Masalah Bau Mulut? Kenali Tujuh Penyebabnya

Edupost.id – Bau mulut atau halitosis menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Tidak sedikit orang yang tidak nyaman berada di dekat orang yang memiliki bau mulut. Setidaknya ada tujuh penyebab bau mulut seperti yang dikutip dari situs Boldsky, Senin (11/9).

1. Makanan

Beberapa makanan diketahui menjadi biang kerok bau mulut. Beberapa makanan meninggalkan bau busuk di mulut kita di antaranya bawang merah, bawang putih, kopi, jus jeruk, keju, dan daging.

2. Kebersihan mulut yang Buruk

Bau mulut dapat disebabkan kurang teraturnya menyikat gigi, jarang gunakan pembersih lidah, dan sering lupa untuk membilas mulut setelah makan. Partikel makanan yang membusuk dan tertinggal di dalam mulut Anda dapat memicu bau mulut.

Sebenarnya, meski Anda melakukan segalanya dengan benar, Anda akan tetap memiliki bau mulut. Ini karena endapan keras tumbuh di sekitar gigi kita secara alami dari waktu ke waktu. Dan simpanan ini tidak bisa dilepas dengan menyikat gigi secara teratur. Langkah terbaik adalah segera memeriksakan gigi dan mulut Anda ke dokter gigi.

3. Tembakau dan Produknya

Rokok, atau tembakau dalam segala bentuknya sangat berbahaya bagi kesehatan. Dan, tak hanya merusak kesehatan, tembakau dan produknya juga bisa mengganggu keseimbangan dalam mulut sehingga menyebabkan bau. Tembakau dan produknya juga bisa berujung pada kanker mulut.

4. Mulut Kering

Salivasi itu baik dan bisa menyiram semua partikel penghasil bau dan bakteri di mulut Anda. Itu sebabnya ketika mulut kita mengering, jadi bau mulut. Hal ini bisa terjadi secara alami, seperti saat kita tidur, atau secara patologis karena beberapa masalah medis yang mendasarinya.

5. Sinusitis

Kondisi medis ini membawa serta sejumlah masalah. Dan bau mulut adalah salah satunya. Saat sinusitis, sinus kita terisi dengan lendir, yang tidak menemukan jalan keluar dari rongga. Jadi tetap stagnan dan tidak disalurkan, dan segera mulai melepaskan senyawa berbau busuk, yang mencapai jalan napas.

6. Infeksi di Mulut

Infeksi di mulut selalu menyebabkan bau mulut karena produk perusak bakteri yang terbentuk. Jadi jika Anda memiliki bisul mulut, penyakit gusi, atau baru saja menjalani operasi mulut, disarankan agar Anda membilas mulut Anda setelah setiap makan dengan air asin agar tidak memburuk dari masalah.

7. Obat-obatan

Obat-obatan selalu memiliki efek samping, salah satunya mulut kering. Obat-obatan yang menginduksi xerostomia ini termasuk obat yang digunakan untuk mengobati depresi, tekanan darah tinggi, angina, sakit maag, alergi, dan kanker. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *