Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kesehatan / Awas! Ini 7 Akibat Bila Anda Kurang Tidur
tidur
Ilustrasi. Tidur (foto: bigstock)

Awas! Ini 7 Akibat Bila Anda Kurang Tidur

Edupost.id – Tidur menjadi aktivitas rutin yang dilakukan hampir semua orang terutama setelah lelah seharian beraktivitas. Lain halnya, bagi sebagian orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) ataupun yang sengaja mengurangi porsi tidurnya karena masih ada aktivitas yang belum diselesaikan

Bagi kalangan yang tidak memiliki porsi tidur yang cukup atau jam tidurnya terlalu sedikit, maka segeralah mengatasinya. Berikut ini, 7 efek negatif bila kita kurang tidur, seperti dikutip dari WebMD :

1.Mengganggu kesehatan dan beresiko kematian

Penderita gangguan tidur atau seseorang yang sering kurang tidur, beresiko terkena penyakit berbahaya seperti; diabetes, serangan jantung,stroke,  gagal jantung, denyut nadi tak teratur, tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan kecerdasan

Kurang tidur menurunkan daya ingat, konsentrasi, daya tangkap dan kemampuan problemsolving sehingga menghambat proses belajar.

3. Meningkatkan berat badan

Kurang tidur menyebabkan kita mudah lapar dan meningkatkan nafsu makan yang mengarah pada obesitas. Penelitian tahun 2004 menyebutkan bahwa 30% orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari mengalami obesitas dibanding yang tidur 7-9 jam sehari.

4. Menjadi pelupa/pikun

Penelitian tahun 2009 oleh ilmuwan Amerika dan Prancis menyebutkan bahwa ‘sharp wave ripples’ atau syaraf yang bertanggungjawab dalam meningkatkan daya memori otak. Jaringan ini mentransfer informasi yang diterima otak dari bagian hippocampus ke bagian neocortex, tempat memori jangka panjang disimpan. Serabut syaraf ini hanya bisa bekerja selama kita cukup tidur atau bisa tidur dengan nyenyak.

5. Faktor penyebab kecelakaan

Kurang tidur menyebabkan kita mudah mengantuk yang menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan baik di jalan raya maupun saat bekerja.

6. Mudah gelisah dan depresi

Penelitian di Amerika tahun 2005, orang yang didiagnosa mengalami depresi dan mudah gelisah adalah mereka yang tidur kurang dari 6 jam sehari. Kemudian, studi tahun 2007 terhadap 10.000 penderita insomnia, menunjukkan bahwa mereka lima kali lebih beresiko terkena depresi.

7. Penuaan kulit

Bagian bawah mata orang yang kurang tidur biasanya berwarna kehitaman, sering diistilahkan dengan ‘mata panda’.  Selain itu, kulit juga menjadi kurang elastis. Saat kurang tidur, tubuh melepaskan hormin kortisol atau hormon stress. Dalam jumlah banyak, hormon ini menghancurkan kolagen kulit, protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.Kurang tidur juga menyebabkan tubuh lebih sedikit menghasilkan hormon pertumbuhan, yang meningkatkan pembentukan otot, menebalkan kulit dan menguatkan tulang. (IK-SS)

Check Also

Tujuh Cara Mengatasi Mata Minus

Tujuh Cara Mengatasi Mata Minus Dengan Alami

Edupost.id- Mata minus atau rabun jauh merupakan keadaan tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *