Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kesehatan / Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami
Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami
Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami (shutterstock)

Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami

Edupost.id – Jerawat di wajah memang cukup mengganggu penampilan seseorang. Tak heran, banyak orang berusaha menghilangkannya dengan berbagai cara bahkan dengan biaya yang tak murah. Berikut ini ada cara alami menghilangkan jerawat seperti yang Edupost rangkum dari Health.

1. Kurangi konsumsi asupan gula dan karbohidrat

Menurut penelitian, makanan yang mengandung gula dan karbohidrat akan merangsang pelepasan hormon yang memicu produksi sebum dimana jika penderita jerawat tidak menjaga kebersihan, kulit dapat terkontaminasi kuman dan akhirnya justru menimbulkan jerawat.

2. Cegah pembengkakan dengan es

Seperti halnya dapat mengontrol pembengkakan pada pergelangan kaki yang keseleo, es juga dapat membantu mengurangi inflamasi jerawat. Bungkus  es dengan kain dan diamkan pada jerawat selama satu menit. Tindakan ini akan membuat vasokonstriksi pembuluh darah dan meredakan kemerahan serta bengkak.

3. Gunakan cuka apel sebagai toner

Untuk toner, larutkan satu bagian cuka apel dengan tiga hingga empat bagian air (gunakan empat bagian bila Anda memiliki kulit sensitif) dan oleskan ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. “Cara ini dapat membunuh bakteri permukaan dan memberi efek pengelupasan kimia ringan.

4. Oleskan bawang putih

Kandungan antiseptik dan antibakteri pada bawang putih membantu mengatasi jerawat saat dioleskan secara topikal. Bawang putih yang sudah dilumatkan, mengandung allicin, komponen antibakteri. Sebaiknya, membuat campuran dari bawang putih cincang dengan air. Oleskan pada jerawat dan tunggu selama lima menit. Baru kemudian dibersihkan dengan air.

5. Gunakan masker putih telur

Protein dan vitamin pada putih telur membantu mengencangkan dan mengangkat minyak dari kulit wajah. Serta membantu melepaskan pori yang tersumbat dan mengurangi inflamasi. Caranya adalah dengan mengoleskan putih telur di bagian yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan air.

6. Kompres dengan ketimun

Selain bisa digunakan untuk mengurangi mata yang bengkak, ketimun juga dapat membantu mengurangi bengkak yang berhubungan dengan jerawat. Ketimun bersifat menyegarkan bagi kulit, menghidrasi, dan kaya vitamin C. Potong ketimun dingin dan tempelkan pada kulit untuk menghidrasi dan meredakan rasa tidak nyaman akibat jerawat. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *