Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kesehatan / Cegah Diabetes dengan Gaya Hidup Sehat

Cegah Diabetes dengan Gaya Hidup Sehat

Yogyakarta – Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, sekitar 6,9 persen penduduk Indonesia menderita penyakit Diabetes Melitus (DM). Penyakit tersebut bisa dicegah jika masyarakat mau mengubah gaya hidup lebih sehat.

Hal ini seperti yang disampaikan Bowo Pramono, dosen penyakit dalam sub bagian endokrin Fakultas Kedokteran (FK) UGM. Menurutnya, gaya hidup sehat bisa dimulai dengan makan sesuai kebutuhan, menjaga komposisi nutrisi yang seimbang, dan olahraga minimal 30 menit per hari.

Ia menambahkan, saat ini Indonesia berada di peringkat empat besar dunia dengan jumlah diabetes terbanyak setelah India, China, dan Amerika Serikat. Angka kejadian diabetes ini menunjukkan kecenderungan semakin meningkat dari tahun ketahun, terutama DM tipe 2.

Bowo yang juga Kepala SMF/KSM Penyakit Dalam RS. Dr. Sardjito ini menjelaskan, ada empat tipe diabetes yang menyerang manusia. Pertama, DM tipe 1 yang terjadi karena kerusakan sel beta pankreas sehingga terjadi defesiensi insulin absolut yang menyebabkan ketergantungan insulin. Kedua, DM tipe 2 yang tidak menimbulkan ketergantungan pada insulin, biasanya terjadi pada orang dewasa karena obesitas dan pola hidup tidak sehat.

Ia menyebutkan, diabetes tipe lain yaitu terjadi akibat infeksi pada pankreas, tumor, imunologi, dan sindrom genetik lain terkait diabetes. Kemudian diabetes gestasional yaitu diabetes yang pertama kali didiagnosis saat kehamilan. Seseorang dapat berisiko terkena diabetes karena memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes. Selain itu, seseorang dengan hipertensi, gangguan kolesterol, dan obesitas sangat rentan terkena diabetes.

Bowo yang aktif dalam POKJA Hipofise Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) menjelaskan bahwa seseorang yang terkena diabetes sering merasakan haus yang luar biasa sehingga banyak minum, banyak makan, sering buang air kecil terutama pada malam hari. Disamping itu, mengalami penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya. (UGM/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *