Sabtu , 25 Maret 2017
Home / Kesehatan / Dasyatnya Efek Musik bagi Hidup Kita!

Dasyatnya Efek Musik bagi Hidup Kita!

Edupost.id – Beruntung bagi Anda yang terbiasa mendengarkan musik baik saat bersantai atau beraktivitas. Taukah Anda musik bukan hanya mempengaruhi hati dan pikiran saja tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Anda ingin tahu? Simak 8 manfaat musik bagi hidup kita, seperti dilansir lifehack.org berikut ini :

1. Musik baik untuk kesehatan jantung

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa musik bisa dipakai untuk terapi pengobatan berbagai penyakit. Diantaranya seperti yang dialami beberapa pasien jantung yang diobservasi di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Mereka baru saja pulih dari operasi jantung. Kemudian beberapa pasien diperdengarkan musik piano sonata Mozart selama setengah jam setiap harinya. Hasil menunjukkan bahwa pasien-pasien tersebut memiliki denyut jantung yang lebih baik dan tekanan darah yang tidak tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mendengarkan musik sama sekali.

2. Musik mengisi lebih banyak ruang di otak kita

Ada sebuah buku yang membahas tentang  kekuatan musik yang berjudul Musicophilia karangan Dr Oliver Sacks. Dia mengatakan bahwa musik dan irama serta suara yang kuat menempati lebih banyak ruang di dalam otak kita daripada bahasa! Sebagai ahli saraf, ia telah meneliti dan mempelajari secara secara intensif tentang peran musik dalam kehidupan kita.
Pada website-nya, Dr. Sacks menjelaskan bahwa ketika ia bertemu orang-orang yang aphasic ( kehilangan kemampuan bicara ), dia selalu menyanyikan ” Happy Birthday” kepada mereka. Ini adalah titik awal untuk pengobatan karena banyak pasien aphasic masih bisa menyanyi.

3. Musik membantu meringankan rasa sakit

Pasien yang menderita nyeri tak henti-hentinya, telah membuktikan bahwa  mendengarkan musik bisa mengurangi rasa sakit tersebut. Musik klasik tampaknya menjadi pilihan terbaik, Mozart dan Bach adalah musik yang paling cocok selain itu, musik untuk meditasi juga dapat membantu. Namun, musik heavy metal dan suara techno lainnya benar-benar dapat mengganggu pasien dan menyebabkan denyut jantung tidak teratur, sehingga musik jenis itu tidak dianjurkan.

4. Musik membantu mengatasi obesitas

Musik subliminal bisa mengirimkan pesan ke alam bawah sadar sehingga bisa membantu orang yang mengalami obesitas. Ini berpengaruh terhadap kerja memori otaksehingga pesan mengenai makanan yang harus dihindari akan diulang lebih efektif di dalam otak.
Studi lain menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik lembut dan santai sambil makan dapat memiliki efek terhadap perasaan Anda. Hasilnya adalah bahwa Anda akan makan lebih sedikit sehingga meminimalisir obesitas.

5. Musik meningkatkan kekebalan tubuh

Komunitas Sekolah Musik di Michigan State University menemukan banyak manfaat dari terapi musik. Salah satu penelitian yang menarik, menunjukkan bahwa interleukin-level 1, yang merupakan faktor pendorong utama dalam sistem kekebalan tubuh kita, akan bekerja efektif bila mendapat pengaruh suara musik. Bahkan walau hanya diperdengarkan musik selama seperempat jam saja. Hal ini disebutkan dalam buku, The Rebirth of Music.

6. Musik meningkatkan memori otak dan membantu proses belajar

Ada banyak publikasi tentang ” Mozart Effect ” yang menunjukkan bahwa sekelompok mahasiswa bisa mengerjakan soal matematika dengan lebih baik saat mereka mendengarkan musik klasik. Beberapa siswa merasakan manfaat musik yang dapat meningkatkan konsentrasi.

7. Memainkan musik meningkatkan kemampuan motorik

Banyak pasien yang menderita kerusakan otak akibat stroke, telah mendapatkan manfaat dari memainkan alat musik. Hal ini dapat membantu kesembuhan sistem motorik tubuhnya karena adanya kontrol impuls dan interaksi sosial. Pasien stroke juga mendapatkan efek yang lebih besar ketika mereka belajar lirik dan melodi.

8. Musik mengurangi stress dan rasa sedih

Bagi orang-orang yang merasa down, ada manfaat terapeutik saat mendengarkan musik. Para peneliti di University of Kent menemukan bahwa pemilihan jenis musik bagi orang-orang yang sedang sedih sangat membantu mengembalikan keceriaan mereka.
Mendengarkan musik dapat membuat Anda termotivasi di gym atau saat sedang bersantai. Musik juga membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bisa membantu mengurangi stres. Musik menjadi terapi gratis yang efektif dan tanpa efek samping negatif. (KK/DC)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *