Sabtu , 25 November 2017
Home / Kesehatan / Delapan Cara Hilangkan Ketombe secara Alami
Cara Hilangkan Ketombe secara Alami
Cara Hilangkan Ketombe secara Alami (healthline doc.)

Delapan Cara Hilangkan Ketombe secara Alami

Edupost.id – Meskipun tidak membahayakan tubuh, rambut yang berketombe cukup mengganggu. Butiran-butiran putih ini sangat mengganggu penampilan, terlebih saat memakai pakaian berwarna gelap. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mengatasi ketombe, dilansir dari laman Boldsky.

1. Pijat Minyak Panas

Satu hal yang perlu dicatat di sini adalah bahwa minyak harus suam-suam kuku. Pijat minyak ke kulit kepala Anda dengan ujung jari Anda tanpa memberi banyak tekanan.

Bungkus rambut Anda dengan handuk dan biarkan selama beberapa saat atau semalam jika memungkinkan. Cuci menggunakan sampo dan kondisioner ringan.Hal ini bisa dilakukan dua kali atau tiga kali seminggu.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh perlu dicampur dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dalam penggunaanya, dengan proporsi 1: 2. Pijat kulit kepala dengan campuran ini sebelum tidur dan cuci dengan pembersih ringan di pagi hari.

3. Dadih dan Lemon

Sifat asam lemon menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan membantu menyingkirkan ketombe. Dadih memberikan tekstur yang halus pada rambut dan merupakan perawatan rambut yang sempurna.

Cara penggunaannya tidak sulit, cukup campurkan lima sendok teh jus lemon dalam ½ cangkir dadih, kemudia oleskan dan bilas setelah 20 menit. Lanjutkan dalam interval reguler 2-4 hari.

4. Nimba

Masker rambut dengan nimba bekerja ajaib untuk mengatasi masalah ketombe. Tumbuk beberapa daun dan tambahkan satu sendok makan madu ke dalamnya. Oleskan pasta kental ke seluruh kulit kepala dan biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air bersih. Cara yang lebih mudah adalah dengan membilas rambut Anda dengan air yang diresapi nimba setelah menggunakan sampo.

5. Cuka

Kulit kepala gatal bisa diobati dengan sejumput cuka dengan sangat efektif. Cuka putih atau cuka sari apel bisa digunakan untuk tujuan ini. Campurkan cukup banyak cuka dan air, dan sajikan surai Anda dengan itu. Cucilah seperti biasa setelah setengah jam.

6. Lidah buaya

Tanaman ini memberi efek menenangkan pada kepala.Mengambil beberapa gel mentah dari lidah daun dan gosokkan pada kulit kepala. Biarkan untuk beberapa waktu dan bilas dengan sampo obat. Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi ketombe selama musim dingin dan membantu menyingkirkan peradangan juga.

7. Bawang putih

Dua atau tiga siung bawang putih akan mampu melawan ketombe. Tumbuk dan campurkan dalam satu sendok teh madu untuk menghilangkan baunya. Gosokkan pada kulit kepala dan bersihkan. Ulangi sesekali untuk hasil terbaik.

8. Timi

Timi melawan infeksi dengan cara yang hebat. Rebus empat sendok makan daun timi kering dan dua gelas air. Anda harus merebusnya sampai airnya terbelah dua. Gunakan ramuan di kulit kepala yang lembap. Anda bisa memilih untuk membiarkannya atau membilasnya dengan air biasa saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *