Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kesehatan / Delapan Cara Sederhana Mengatasi Bahaya Radiasi Ponsel
Delapan Cara Sederhana Mengatasi Bahaya Radiasi Ponsel
Delapan Cara Sederhana Mengatasi Bahaya Radiasi Ponsel (foto: flipkartstories.blgspt)

Delapan Cara Sederhana Mengatasi Bahaya Radiasi Ponsel

Edupost.ID- Sekarang ini ponsel tidak hanya berguna untuk telpon atau mengirim pesan saja, namun memiliki banyak fungsi lainya. Oleh karena itu, pemakaian ponsel memang tidak bisa terhitung jika dibandingkan dengan pentingnya benda ini. Namun jangan hanya memikirkan fungsi baiknya saja, ternyata ponsel juga dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Radiasi ponsel secara jangka pendek memang tidak akan terlihat, namun jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang, akan berdampak penyakit kanker dan penyakit yang kronis lainnya muncul akibat partikel bebas oleh radiasi. Dilansir dari wikipedia, tentang ancaman radiasi ponsel bagi kesehatan. Berikut delapan cara mengatasi bahaya radiasi ponsel.

  1. Kurangi penggunaan menu Bluetooth atau Headset Wireless

Jangan menggunakan jenis headset wireless, pilihlah yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan ponsel. serta gunakan fitur bluetooth seperlunya, jika tidak diperlukan. Karena dapat menyebabkan ketergantungan terhadap jaringan pada gendang telinga seseorang.

  1. Gunakan Headset saat Telpon

Setiap saat anda menelpon atau menerima panggilan, usahakan untuk tidak sesering mungkin menggunakan telpon langsung karena dapat merusak proses otak berpikir.

  1. Letakan Ponsel di Tas

Saat sedang tidak digunakan, sebaiknya letakan ponsel di tas atau meja. Jangan biarkan terus menerus menempel di saku pakaian, karena dapat menimbulkan proses nadi berhenti atau radiasi cepat menjalar dan merusak aliran gerak tubuh.

  1. Speakerphone

Jika tidak memiliki headset atau malas untuk mendengarkan dengan satu telinga, mengaktifkan modus loudspeaker atau pengeras suara. Jadi dapat mendengarkan suara panggilan tanpa harus menempel ponsel telinga.

  1. SMS Lebih Baik

Bila terbiasa dengan SMS atau pesan singkat, dapat menjadi pilihan baru untuk memaksimalkan kebiasaan tersebut. Mengirim teks akan mebatasi durasi paparan bahaya radiasi ponsel dari kepala dan tubuh seseorang.

  1. Gunakan Penahan Radiasi atau Casing

Saat ini banyak Produsen yang membuat karet ponsel dengan kemampuan khusus, untuk meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel.

  1. Diam saat Menerima Telpon

Hindari berjalan saat menerima telepon, aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi. Karena dalam keadaan bergerak maka sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver stasion BTS.

  1. Matikan Jika Sinyal Lemah

Ketika berada di daerah dengan sinyal telekomunikasi yang lemah, jangan paksakan ponsel untuk terus menyala, karena akan memicu radiasi yang lebih tinggi, sebaiknya matikan ponsel. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *