Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Empat Jenis Makanan yang Dapat Mempercepat Kehamilan

Empat Jenis Makanan yang Dapat Mempercepat Kehamilan

Edupost.id – Memiliki keturunan adalah dambaan semua pasangan suami istri. Namun, tidak sedikit perempuan yang belum dapat hamil. Selain gaya hidup dan infeksi penyakit, makanan juga membawa dampak besar pada peluang kehamilan.

Dikutip dari laman Webmd, Jorge Chavarro, MD , seorang peneliti studi percaya bahwa makanan mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita, terutama wanita yang mengalami Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS) yang mempengaruhi ovulasi. Berikut beberapa jenis makanan yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan wanita:

1. Makanan Sedikit Minyak

Mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berminyak sangat disarankan. Bila perlu ganti minyak Bunda dengan olive oil (minyak zaitun). Cara mengolah makanan dengan memanggang, merebus atau mengukus lebih baik dibandingkan menggoreng. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji yang cenderung digoreng.

2. Makanan Hasil Olahan Susu

Yang termasuk jenis makanan ini adalah susu, keju, yoghurt, dan es krim. Beberapa makanan ini banyak menghasilkan kalsium yang sangat dibutuhkan wanita untuk membantu meningkatkan sistem reproduksi.

Ada penelitian yang menyimpulkan bahwa produk susu tinggi lemak lebih efektif meningkatkan kesuburan dibandingkan susu yang rendah lemak. Asalkan berat badan Anda normal, silakan mengonsumsi susu tinggi lemak sehari sekali.

3. Makanan Tinggi Protein

Memperbanyak protein nabati, seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan, akan lebih baik dibanding protein hewani seperti daging merah. Namun, jika ingin mendapatkan protein hewani, ikan laut seperti tuna dan salmon bisa menjadi pilihan.

4. Makanan Berserat Tinggi

Ganti makanan karbohidrat olahan dan banyak gula yang biasa Anda konsumsi dengan makanan berserat tinggi. Pilih roti gandum, sayuran dan buah-buahan untuk sarapan. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *