Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kesehatan / Enam Buah yang Berkhasiat sebagai Obat
buah-buahan
Buah-buahan (foto: wikipedia)

Enam Buah yang Berkhasiat sebagai Obat

Edupost.id – Menjaga kesehatan tidak harus mahal, cukup rutin mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah telah terbukti secara ilmiah mengandung zat-zat penting yang mampu menangkal penyakit berbahaya. Berikut ini enam buah yang terbukti berkhasiat sebagai obat, seperti dilansir lifespan.

1.Semangka

Buah yang kaya kandungan air ini memang terasa menyegarkan untuk dikonsumsi terlebih saat sedang haus. Selain kelebihan tersebut, semangka juga mengandung zat penting untuk tubuh diantaranya L-citrulline, sejenis asam amino yang berperan meningkatkan pelebaran pembuluh darah. Zat ini berfungsi mengatur tekanan darah dan mencegah stroke atau serangan jantung. Zat penting lainnya yang dikandung semangka yaitu lycopene, antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas yang bisa merusak tubuh.

2. Anggur

Buah ini mengandung sekitar 1.150 IU vitamin per 100 gram, serta flavonoid antioksidan naringin dan naringenin. Senyawa tersebut menjaga kesehatan mata dan kulit serta memberikan perlindungan alami dari kanker mulut dan paru-paru.

3. Pepaya

Buah tropis ini mengandung papain, sejenis enzim protolytic yang membantu proses pencernaan. Pepaya direkomendasikan bagi pasien dengan  gangguan pankreas dan cystic fibrosis, yang rentan menderita gangguan perut. Pepaya juga dikenal meningkatkan kesehatan kulit karena adanya enzim protein seperti chymopapain dan papain, yang mengurangi peradangan dan merangsang penyembuhan luka bakar dan luka lainnya.

4. Nanas
Nanas merupakan sumber bromelain , enzim yang bermanfaat dalam menghilangkan sel-sel kanker. Nanas juga kaya akan vitamin C , yang melindungi tubuh dari kerusakan karena radikal bebas  juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tingginya kandungan vitamin C dalam nanas , mereka juga dapat meningkatkan kesehatan mulut . Studi ilmiah baru-baru ini telah membuktikan potensi nanas dalam meminimalkan risiko terkena penyakit periodontal dan radang gusi.

5. Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C, serat dan potasium, sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Buah ini juga mengandung  mineral, vitamin dan fitonutrien yang diperlukan untuk melindungi tubuh dari penyakit pernapasan, kanker, stroke dan gangguan jantung. Selain itu, buah Kiwi dikenal sebagai pengencer darah, yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengatur kadar kolesterol tekanan darah serta LDL anda.

6. Strawberry

Buah merah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah karena dapat melebarkan lapisan pembuluh darah. Ekstrak daunnya juga berkhasiat meningkatkan aliran darah arteri koroner. Mngkonsumsi delapan potong buah stroberi per hari, berarti menerima manfaat dari 160% RDA vitamin C, yang dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks, payudara dan perut. (IK-SS)

Check Also

Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita

Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita

Edupost.ID-Duduk selama kurang lebih sembilan jam di kantor ataupun di rumah bukan hanya membuat punggung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *