Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kesehatan / Enam Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami
tidur
Ilustrasi. Tidur (foto: bigstock)

Enam Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami

Edupost.id – Aktifitas yang padat ditambah cuacanya yang tidak menentu menjadi faktor yang menyebabkan tubuh mudah diserang penyakit. Cara mencegahnya ialah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini enam cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami seperti dilansir Spark.

1. Hindari stres

Stres dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun drastis. Stres memang merupakan bagian dari kehidupan dan sulit untuk benar-benar dihindari. Namun, ada beberapa cara mengatasi stres diantaranya adalah dengan meditasi, berolahraga pagi, dan makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna.

2. Tidur yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan utama tubuh kita, tapi tidak boleh berlebihan. Tidur dapat mengurangi stres dan meningkatkan imunitas tubuh. Tidur yang cukup adalah 7-8 jam di malam hari, hal ini akan menjaga tubuh dari serangan mikroba dan penyakit lainnya.

3. Konsumsi Suplemen Probiotik

Bakteri baik atau probiotik yang ada di dalam usus dapat membantu pencernaan. Karena itu, mengkonsumsi suplemen probiotik dapat menyeimbangkan rasio bakteri jahat dalam tubuh.

4. Berhenti merokok

Merokok dan menggunakan produk tembakau dapat menyebabkan masalah kesehatan. Dengan menghentikan konsumsi rokok akan mempermudah proses peningkatan imunitas dalam tubuh setiap harinya.

5. Berhenti konsumsi alkohol

Selain alkohol memiliki akibat negatif, alkohol juga dapat menyebabkan gangguan mental dan membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit seperti TBC dan lainnya. Karena itu, alkohol harus dihindari untuk menjaga daya tahan tubuh.

6. Olahraga teratur

Melakukan perenggangan tubuh (stretching) dan berolahraga teratur dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan tubuh. Namun, hindari olahraga yang berat atau berlebihan sehingga menyebabkan tubuh kelelahan. Selain itu, tetap jaga asupan nutrisi agar seimbang dengan energi yang dikeluarkan saat berolahraga. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *