Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kesehatan / Enam Manfaat Bayam yang Patut Diketahui

Enam Manfaat Bayam yang Patut Diketahui

Edupost.ID – Bayam merupakan sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun, anda perlu tahu manfaat bayam dibandingkan sayuran lainnya. Sayur ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, bayam sangat baik untuk diet karena rendah kalori dibanding sayuran lainnya. Berikut beberapa manfaat bayam, seperti dilansir Naturally Healthy Eating.

  1. Kaya akan nutrisi
    Bayam mengandung banyak vitamin, mineral maupun fitonutrien lainnya. Bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin A, magnesium, folat, mangan, besi, kalsium, vitamin C, vitamin B2, potasium, dan vitamin B6. Bayam juga sangat baik karena menghasilkan protein, fosfor, vitamin E, zinc, serat makanan, dan tembaga. Selain itu, juga menghasilkan selenium, niacin, dan asam lemak omega-3.
  2. Makanan serbaguna
    Sayuran ini bisa dimakan dalam keadaan mentah, yaitu diolah menjadi salad (dan jauh lebih bergizi daripada daun selada). Bayam bisa dimasak sebagai hidangan ringan atau dicampur ke dalam sup. Jika dimasak dengan air mendidih, masak dengan air secukupnya dan dalam waktu yang cukup singkat.
  3. Berperan sebagai antioksidan
    Bayam sarat dengan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan, yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Para peneliti telah menemukan setidaknya 13 senyawa flavonoid yang berbeda yang bertindak sebagai zat anti-kanker. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam bayam dapat melindungi macam-macam penyakit.
  4. Menjaga kesehatan jantung
    Bayam kaya akan vitamin C dan A yang merupakan antioksidan. Kandungan antioksidan itu berperan menjaga kolesterol dari oksidasi. Selain itu, terdapat folat yang menyehatkan sistem kardiovaskular, serta magnesium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Menjaga kesehatan gastrointestinal
    Beta-karoten dan vitamin C dalam bayam berfungsi melindungi sel-sel dalam usus dari efek berbahaya radikal bebas. Selain itu, kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus dapat dicegah dengan folat yang hadir dalam sayuran ini.
  6. Atasi berbagai penyakit
    Beberapa kondisi yang diidentifikasi sebagai inflamasi, seperti arthritis, osteoporosis, sakit kepala migrain, dan asma, dapat diobati berkat sifat anti-inflamasi dari beberapa nutrisi yang ditemukan dalam bayam. (Reza)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *