Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kesehatan / Enam Penyebab Seseorang Jadi Pelupa
cegah-sifat-pelupa
Ilustrasi. Penyebab seseorang menjadi pelupa (foto: ste-india)

Enam Penyebab Seseorang Jadi Pelupa

Edupost.id – Beberapa orang sering mengaku menjadi pelupa padahal ia belum berusia lanjut dan dalam kondisi yang sehat. Ada beberapa penyebab seseorang menjadi pelupa, seperti dilansir harvard.edu.

1. Melakukan multitasking

Kebiasaan melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan dapat menurunkan kemampuan otak yang menyebabkan seseorang mudah stres dan otak menjadi cepat lelah. Akibatnya otak akan kesulitan untuk menyimpan memori atau informais baru yang mengakibatkan seseorang menjadi pelupa.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur sangat mempengaruhi kinerja otak. Jika seseorang kurang tidur, ia akan sulit konsentrasi dan sulit mengingat suatu hal sehingga menjadi sering pelupa.

3. Terapi obat

Seseorang yang sedang dalam terapi obat tertentu juga berpengaruh terhadap daya memori otak. Beberapa obat mempengaruhi kinerja otak terutama dalam menyimpan memori, diantaranya Paxil, Tagamet, Lipitor, Xanax, Klonopin, Mirapex.

4. Stres dan gelisah

Otak dapat bekerja dengan baik jika kita dalam keadaan relax dan bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika kita dalam keadaan stres atau gelisah, kita akan sulit konsentrasi yang diantaranya menyebabkan kita menjadi sering pelupa.

Sebuah studi dalam jurnal Science menemukan bahwa stres dapat mengaktifkan enzim yang disebut “protein kinase C” di otak. Enzim ini dapat mengikis kemampuan otak untuk fokus atau konsentrasi dalam menyelesaikan suatu hal sehingga cendrung menjadi pelupa.

5. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat mengikis kemampuan otak dalam menyerap informasi yang berakibat pada menurunnya daya memori.

6. Depresi

Seseorang yang sedang dalam keadaan depresi akan menjadi tidak tenang dan emosinya kurang stabil. Hal ini mempengaruhi kinerja otak yang sangat membutuhkan kondisi relax agar bisa bekerja dengan baik. Karena itu, depresi menyebabkan seseorang menjadi pelupa. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *