Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Hati-hati! Beberapa Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan
Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan
Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan (serious eat doc.)

Hati-hati! Beberapa Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan

Edupost.id – Bagi para ibu, berhati-hatilah saat Anda menyajikan makanan untuk keluarga, karena jika salah dalam penyajian bisa mengundang bencana. Yang perlu diketahui, ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali. Lima makanan di bawah ini memiliki kandungan zat yang dapat berubah menjadi racun jika dipanaskan. Apa sajakah itu? Berikut Edupost rangkum ulasannya dari laman Boldsky.

1. Bayam dan Seledri

Sekali saja Anda memanaskan kembali kedua sayuran ini, kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker di dalam tubuh. Selain dipanaskan, bayam juga tidak boleh disimpan lebih dari lima jam untuk dikonsumsi kembali .

2. Kentang

Nutrisi yang ada pada kentang akan hilang jika kentang dipanaskan kembali. Selain itu, pada proses pemanasan secara berulang-ulang berisiko memacu perkembangan bakteri yang membahayakan tubuh.

3. Telur

Telur yang dimasak dalam keadaan bulat cenderung lebih berbahaya ketika dipanaskan bahkan dapat membuat telur menjadi beracun terutama dibagian kuning telurnya. Ada baiknya kalau ingin mengonsumsi telur yang sudah didiamkan, langsung dimakan habis dan tidak perlu dipanaskan.

4. Minyak

Kita tidak boleh memanaskan minyak kembali. Minyak yang telah digunakan untuk menggoreng tidak boleh digunakan kembali. Bila memanaskan minyak untuk menggoreng, itu akan merusak struktur minyak dan menghancurkannya. Saat dipanaskan lebih dari 100 derajat Celcius, terakumulasi zat beracun yang meningkatkan kadar lipoprotein densitas rendah yang buruk, kolesterol LDL.

5. Kentang

Tidak semua makanan berbahan dasar kentang bermasalah saat dipanaskan kembali. Tergantung seberapa baik kita menyimpannya setelah memasaknya.

6. Nasi

Ini disebabkan bakteri yang bisa berkembang biak jika nasi tidak disimpan dengan baik atau disimpan terlalu lama. Nasi yang dipanaskan kembali juga bisa meningkatkan risiko keracunan makanan.

7. Ayam

Ayam adalah tempat berkembang biak yang menguntungkan bagi bakteri seperti E-coli dan Salmonella. Ini bisa membuat kita jatuh sakit karena diare atau keracunan makanan. Ayam yang kita rencanakan untuk dipanaskan ulang harus dimasak dan disimpan dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *