Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Iklan Rokok Elektrik di Internet Bahayakan Remaja
Rokok Elektrik
Rokok Elektrik (foto: reuters)

Iklan Rokok Elektrik di Internet Bahayakan Remaja

Edupost.id – Iklan rokok elektrik (E-rokok) di internet terbukti dapat meningkatkan kemungkinan remaja untuk merokok. Sebuah studi di Amerika, menunjukkan bahwa generasi muda saat ini lebih tertarik dengan iklan rokok yang disebar melalui internet. Seperti yang dilansir dari Reuters, format iklan e-rokok paling persuasif untuk remaja.

Penelitian lainnya mencoba sekitar 22 ribu siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi dari kelas 6-12 dengan usia 12-18 tahun. Hasilnya, siswa SMA melihat iklan e-rokok melalui internet lebih dari tiga kali. Sedangkan mahasiswa lebih dari dua kali.

“Iklan E-rokok menggunakan tema yang sama yang digunakan untuk menjual rokok dan produk tembakau konvensional lainnya. Seperti kemerdekaan, pemberontakan dan seks,” ungkap penulis, Tushar Singh.

Tushar menilai, situasi tersebut ditambah dengan vendor E-rokok menggunakan jejaring sosial untuk memasarkan produknya. Tidak sedikit situs penjual di internet yang dengan mudah menjaring pemuda untuk membeli E-rokok.

Tiga juta siswa SMP dan SMA mengatakan, mereka pengguna E-rokok dalam survei CDC tahun lalu. Menurut sebuah laporan yang dirilis pada April 2016, jumlah pengguna naik menjadi 2,5 juta pada tahun 2014.

Dibandingkan dengan pemuda yang tidak pernah melihat iklan, siswa SMA yang secara rutin melihat iklan di surat kabar, 71 persen lebih mungkin untuk mencoba E-rokok.

“Iklan diduga menampilkan produk tampak lebih normatif dan dapat diterima. Lalu untuk menyampaikan kesan bahwa hasil positif seperti bersenang-senang atau merasa menarik merupakan hasil dari menggunakan produk,” kata ilmuwan di RAND, Pittsburgh, William Shadel. (Nisa)

Check Also

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – Tim robot terbang UGM, Gamaforce, kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *