Senin , 29 Mei 2017
Home / Kesehatan / Ingin Diet Sukses? Ikuti Tujuh Langkah Ini

Ingin Diet Sukses? Ikuti Tujuh Langkah Ini

Edupost.id – Banyak orang bersedia melakukan diet demi mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, tak sedikit orang yang merasa gagal menjalankan diet karena hasilnya belum sesuai harapan. Berikut ini tujuh langkah yang perlu dilakukan agar diet sukses, seperti dilansir nhs.choices.

1.Hindari makanan bertepung

Makanan bertepung seperti kentang, sereal, pasta, nasi dan rotisebaiknya berjumlah sekitar sepertiga dari total makanan yang dimakan. Pilih makanan bertepung dengan indeks glikemik rendah seperti pasta dari gandum utuh, nasi merah, kentang bersama kulitnya. Makanan bertepung dengan indeks glikemik rendah mengandung lebih banyak serat dan membuat kenyang lebih lama.

Baca juga: Anda Ingin Langsing namun Tetap Sehat ? Simak 5 Tips Ini

2. Makan buah dan sayur

Konsumsi sedikitnya lima porsi berbagai jenis buah dan sayuran dalam sehari.  Segelas jus buah tanpa pemanis (150ml) dapat dihitung sebagai satu porsi, dan sayuran yang dimasak ke dalam piring juga dihitung satu porsi. Usahakan agar jumlah sayur yang dimakan, memenuhi sepertiga piring anda. Satu buah pisang atau apel, juga dapat dihitung sebagai satu porsi.

3. Perbanyak konsumsi ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Makanlah setidaknya dua porsi ikan setiap minggu. Pilih ikan segar atau beku yang banyak mengandung lemak Omega-3 (oily fish), karena dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ikan yang kaya Omega-3 diantaranya tongkol, bandeng, salmon, makarel, tuna, dan sarden (bukan kalengan karena biasanya banyak mengandung garam).

4. Kurangi lemak jenuh

Lemak memang dibutuhkan tubuh, namun menghitung jumlah dan jenis lemak yang kita konsumsi juga penting. Secara garis besar, lemak terdiri dari dua jenis yaitu  jenuh dan tak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti  minyak ikan dan alpukat.

5. Kurangi gula

Banyak orang lebih menyukai panganan dan minuman manis. Makanan dan minuman bergula mengandung banyak kalori dan berperan besar dalam kenaikan berat badan. Saat memilih makanan dalam kemasan, periksa labelnya. Jika tertulis kandungan gulanya 22,5 gram perseratus gram (makanan), berarti makanan itu termasuk kategori bergula tinggi. Jika tertulis lima gram gula perseratus gram, artinya makanan itu masuk kategori rendah gula.

6. Kurangi garam

Tiga perempat garam yang kita makan sudah ada di dalam makanan kemasan yang kita beli, seperti sereal, sup instan, roti dan saus. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah yang berakibat penyakit jantung atau stroke. Orang dewasa dan anak di atas usia 11 tahun, tidak seharusnya mengonsumsi garam lebih dari enam gram perhari. Sedangkan anak di bawah usia 11 tahun, seharusnya mengonsumsi kurang dari enam gram sehari.

7. Jangan tinggalkan sarapan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan dapat membantu orang mengendalikan berat badan mereka. Sarapan yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Sarapan juga merupakan media agar kebutuhan nutrisi kita terpenuhi, sejak kita memulai hari. Sereal gandum utuh dengan irisan buah adalah contoh sarapan lezat bergizi tinggi.  (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *