Kamis , 19 Januari 2017
Home / Kesehatan / Ini Alasan Mengapa Anak Harus Sarapan Pagi

Ini Alasan Mengapa Anak Harus Sarapan Pagi

Edupost.ID – Sudahkah anak Anda sarapan pagi ini? Seberapa penting sarapan bagi anak Anda? Saat ini masih banyak orang tua yang menganggap sarapan adalah sebuah rutinitas yang tidak penting. Ada juga yang tidak sempat sarapan karena dikejar waktu.

Sarapan pagi merupakan pasokan energi untuk otak yang paling baik agar anak dapat berkonsentrasi di sekolah/kampus. Sarapan memperbaiki kemampuan memecahkan masalah, daya ingat konsentrasi, persepsi visual, dan berpikir kreatif. Demikian menurut Dr. Joanne Lunn, ahli gizi senior dari British Nutrition Foundation.

Studi dari seluruh Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa anak-anak yang sarapan pagi lebih mudah dalam belajar, lebih berkonsentrasi, sedikit melakukan kesalahan, lebih kreatif, dan bekerja lebih cepat. Sikapnya juga lebih baik. Juga anak sekolah yang sarapan lebih kecil kemungkinan untuk terlambat, tidak hadir, sakit perut, atau sakit kepala.

Tahukah Anda, sarapan yang baik bisa disajikan dengan sangat sederhana. Untuk menyediakan sarapan bergizi, minimal harus ada tiga kelompok makanan yang mengandung energi, protein, lemak, vitamin-mineral.

Contoh menu makanan bergizi yang dapat dikombinasikan untuk sarapan adalah roti, susu, dan apel. Kedua, sereal, pisang, dan susu. Ketiga, muffin, selai kacang, dan susu. Keempat, bubur ayam, jeruk, dan susu. Kelima, nasi goreng dengan telur, sayur, dan susu. Keenam, bubur kacang hijau, susu, dan apel. Ketujuh, sup makaroni, keju, dan jeruk. Kedelapan, nasi, ikan, dan susu. Kesembilan, roti, daging, dan susu. Kesepuluh, roti, keju, dan jeruk.

Kebiasaan sarapan perlu dibangun. Lantas, bagaimana jika Anda atau keluarga tidak nafsu makan di pagi hari? Anda bisa memulai dengan makanan kecil. Cobalah sepotong buah segar atau setangkup roti. Selain itu siapkan segelas susu atau jus buah. Bisa juga dengan membawa bekal sarapan ke sekolah.

Terakhir, jadilah teladan bagi anak Anda. Bila Anda ingin anak Anda sarapan, maka Anda sendiri juga harus sarapan.  (Nurfi)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Asian Waterbirs Cencus

Lestarikan Burung, Enam Mahasiswa UGM Ikuti AWC

Edupost.id – Enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Mapala Silvagama, turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *