Rabu , 13 Desember 2017
Home / Kesehatan / Ini Alasan Puasa Aman bagi Penderita Maag

Ini Alasan Puasa Aman bagi Penderita Maag

Edupost.ID – Sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa puasa dapat memperparah penderita sakit maag. Mereka beranggapan bahwa penderita maag harus makan dengan frekuensi yang sering sedangkan saat berpuasa, hal itu tidak bisa dilakukan. Padahal hal tersebut tidak benar, berpuasa tetap aman bagi penderita maag. Hal ini seperti yang disampaikan Dr. dr. Ari Fahrial Syam dari Universitas Indonesia.

Menurut Fahrial, sakit maag terbagi menjadi sakit maag fungsional dan sakit maag organik. Berdasarkan hasil penelitian, 70-80 persen sakit maag yang ada di masyarakat adalah sakit maag fungsional. Sakit maag fungsional terjadi akibat ketidakteraturan makan, kebiasaan mengonsumsi camilan yang tidak sehat sepanjang hari, makan makanan asam, pedas, coklat dan keju. Merokok sepanjang hari juga menambah risiko memperburuk kondisi lambung. Selain itu, sakit maag juga berhubungan dengan faktor stres.

Fahrial menambahkan, berpuasa membuat jam makan menjadi teratur. Dengan begitu, akan mengurangi konsumsi camilan yang tidak sehat, serta tidak merokok sepanjang hari karena sedang berpuasa. Selain itu, selama melakukan rangkaian ibadah puasa mereka yang sakit maag akan lebih melakukan pengendalian diri dan lebih banyak beribadah. Puasa justru akan membuat penderita sakit maaf fungsional akan sembuh.

Anggapan lain adalah anjuran bagi penderita sakit maag untuk minum obat maag. Hal ini dibantah Fahrial, menurutnya hal itu tidak perlu dilakukan. Obat maag tidak dibutuhkan karena sakit maag justru akan membaik saat berpuasa.

Dengan demikian, puasa justru menyehatkan dan menjadi terapi penyembuhan penyakit terutama sakit maag. (UI/IK-SS)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *