Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kesehatan / Ini Alasannya Anak Perlu Dibiasakan Konsumsi Ikan

Ini Alasannya Anak Perlu Dibiasakan Konsumsi Ikan

Edupost.ID – Ikan merupakan jenis makanan yang mengandung gizi lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di antara kandungan gizi yang terdapat dalam ikan adalah protein, vitamin, dan omega 6. Tingginya kandungan gizi pada ikan ini menjadi alasan kuat agar anak –anak dibiasakan mengkonsumsi ikan sejak dini.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan DIY, Asiantini mengatakan hal itu ketika menjadi pembicara talkshow dalam rangka Festival Makan Ikan 2015 beberapa waktu lalu.

Asiantini menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi ikan pada 1.000 hari pertama kelahiran, dimulai ketika masih dalam kandungan ibu hingga berusia dua tahun. Menurutnya, kandungan gizi yang terdapat dalam ikan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. “Omega 3 dalam ikan sangat bagus untuk kecerdasan otak,” ujarnya.

Tentang frekuensi konsumsi ikan, menurut Asianti, idealnya 3-4 kali seminggu setiap orang harus mengonsumsi ikan. Untuk pembiasaan konsumsi ikan pada anak – anak memang membutuhkan ketelatenan seorang ibu. Pasalnya, ada sebagian anak yang tidak suka mengonsumsi ikan. Oleh karenanya, sejak anak pertama kali bisa makan, hendaknya ibu mulai membiasakan memberikan asupan ikan dalam makanannya.

Ikan yang dikonsumsi dapat berupa ikan segar, atau aneka produk olahan ikan seperti kerupuk ikan, atau ikan asin. “Kandungan gizi dalam berbagai jenis olahan ikan tidak berubah, yang membedakan hanya jumlahnya,” kata Asiantini. Ikan yang masih dalam kondisi segar memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibanding ikan dalam bentuk produk olahan. Namun, pada dasarnya, masih tetap bagus untuk dikonsumsi.

Pada kesempatan itu, Asiantini juga memberikan tips dalam pemasakan ikan. Harus menghindari Ikan yang akan dibungkus kertas bertulisan, karena tinta dalam kertas akan meresap ke daging. Jika ini terjadi, akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita, mengingat tinta adalah logam berat. (Andi)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *