Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kesehatan / Ini Alasannya Sholat Terburu-buru Berbahaya bagi Kesehatan

Ini Alasannya Sholat Terburu-buru Berbahaya bagi Kesehatan

Edupost.ID – Sholat tumakninah, atau melaksanakan jeda setiap selesai melakukan gerakan tertentu, sangatlah baik bagi kesehatan. Melaksanakan sholat seperti ini sama halnya dengan olah raga. Demikian disampaikan oleh dr, H. Nahar Taufiq ketika menjadi penceramah sholat Tarawih di Masjid Baiturrohim, Condong Catur Sleman. Beliau menyampaikan beberapa alasan mengapa sholat yang dilkaukan terburu-buru justru berbahaya bagi kesehatan.

Dr. Nahar melanjutkan, saat sholat dalam posisi berdiri, tubuh kita dalam kondisi seimbang, semua organ tubuh tidak saling bersentuhan. Posisi demikian jika dipertahankan selama beberapa saat tubuh akan berada dalam kondisi yang sangat baik.

Kemudian, lanjut dr. Nahar, saat rukuk, pembuluh darah mulai tegang. Posisi ini akan dapat melatih pembuluh darah. Setelah rukuk, kemudian berdiri dalam posisi itidal. Berdiri beberapa saat ketika itidal akan sangat baik bagi tubuh untuk kembali berada pada posisi seimbang. Jika sholat terburu-buru, atau tidak tumakninah saat I’tidal, maka keseimbangan tubuh tidak akan terjaga.

Terlebih, setelah itu melakukan posisi sujud. Posisi ini adalah posisi yang paling berat selama sholat, terutama bagi organ pernafasan. “Penderita penyakit saluran pernafasan tidak akan kuat berlama-lama dalam posisi ini,” ujarnya. Oleh karenanya, sangat diperlukan tumakninah ketika I’tidal agar posisi tubuh seimbang kembali, sebelum melakukan sujud.

Duduk di antara dua sujud juga harus dilakukan dalam rangka mengembalikan keseimbangan organ dalam yang agak terganggu ketika sujud. Selain itu, duduk di antara dua sujud juga dapat berfungsi untuk melatih persendian jari kaki kanan, karena pada posisi ini jari-jari kaki harus ditekuk.

Setelah sujud yang kedua, posisi selanjutnya adalah berdiri kembali. Ini sekaligus sebagai pengembali keseimbangan tubuh setelah melakukan gerakan rukuk dan sujud. Pada posisi ini, tubuh harus tenang dan santai sebagai kegiatan relaksasi.

“Kesimpulannya, kalau sholat tumakninah sebenarnya sama dengan olahraga, karena dapat melatih organ tubuh kita. Gerakan sholat itu juga sangat tepat karena setelah tegang, akan normal kembali,” katanya. (Andi)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *