Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Ini Bahayanya Mengkonsumsi Minuman Dingin
minuman-dingin
Ilustrasi. Minuman dingin

Ini Bahayanya Mengkonsumsi Minuman Dingin

Edupost.id – Cuaca panas atau habis beraktivitas yang berkeringat tentu menyegarkan sekali bisa menikmati minuman yang dingin. Tapi tahukah anda tak semuanya yang nikmat itu baik bagi kesehatan. Begitupula mengkonsumsi minuman dingin dapat memberikan sejumlah efek berbahaya bagi tubuh. Berikut ini penjelasannya seperti dilansir thehealthside.

1.Mengganggu pencernaan

Air es atau air dingin dapat menghambat proses mencerna makanan karena menyebabkan pembuluh darah Anda menyusut. Ini dapat memperlambat proses pencernaan dan karena makanan tidak dicerna dengan baik, nutrisi akan hilang atau tidak diserap oleh tubuh. Anda mungkin ingin membaca tentang rumah solusi untuk pencernaan yang lebih baik.

2. Menyita energi

Suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celcius dan ketika Anda minum sesuatu pada suhu yang sangat rendah, tubuh Anda akan menghabiskan energi untuk mengatur kembali suhu tubuh Anda. Hal ini menyita energi yang seharusnya dipakai untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Akibatnya tubuh anda jadi kekurangan gizi atau nutrisi.

3. Menyebabkan sakit tenggorokan

Minum air dingin dapat menyebabkan penumpukan mukosa saluran pernapasan, yang merupakan lapisan pelindung dari saluran pernapasan. Ketika lapisan ini menumpuk, saluran pernapasan akan terkena efeknyadan menjadi rentan terhadap berbagai infeksi akibatnya tenggorokan Anda menjadi sakit.

4. Menurunkan denyut jantung

Minum air es atau air dingin dapat menurunkan detak jantung Anda. Penelitian menunjukkan bahwa minum air es dapat merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf kranial 10 dan merupakan bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh yang mengontrol tindakan disengaja tubuh. Saraf vagus dapat menurunkan denyut jantung. Karena itu, minuman bersuhu rendah men stimulus saraf tersebut dalam menurunkan denyut jantung. (IK-SS)

Check Also

Antibiotik

Hati-hati, Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Bahayakan Tubuh

Edupost.ID – Bakteri atau mikroba yang ada dalam tubuh manusia ternyata bisa menjadi resisten atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *