Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kesehatan / Ini Bahayanya Tidur Setelah Sahur
ilustrasi : huffingtonpost

Ini Bahayanya Tidur Setelah Sahur

Edupost.ID – Saat bulan Ramadhan tiba, setiap muslim akan menjalankan kewajibannya berpuasa. Ada perubahan jadwal makan dan minum, termasuk adanya aktivitas sahur yang membuat kita harus bangun sebelum subuh. Karena itu, banyak diantara kita yang mengantuk setelah sahur. Padahal, tidur setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategori dilarang karena banyaknya efek buruk yang ditimbulkan. Diantaranya seperti yang disampaikan Pramono, ahli gizi Rumah Sakit Ulin Banjarmasin berikut ini:

  1. Perut akan buncit
    Karena saat tidur, tubuh tidak beraktivitas sehingga tidak membutuhkan energi. Karena tidak terjadi pembakaran lemak maka zat itu akan tetap tersimpan di lambung yang menyebabkan penumpukan lemak dan perut menjadi buncit.
  2. Terjadi refluks
    Jika tidur setelah sahur, maka makanan tidak akan dicerna lambung. Akibatnya makanan itu akan terdorong dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks). Hal ini disebabkan oleh efek gravitasi yang muncul saat kita tidur. Jika ada refluks, asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena cedera, kerongkongan akan terasa panas, mulut terasa pahit bahkan mual.
  3. Menyebabkan gangguan pencernaan
    Pada keadaan normal, lambung akan kosong paling cepat dua jam setelah kita makan. Namun, jika kita tidur setelah sahur atau memposisikan tubuh dalam posisi berbaring, maka proses pengosongan lambung akan terhambat. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit.
  4. Peningkatan resiko stroke
    Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa orang yang memiliki jarak terpanjang antara waktu makan dan tidur, memiliki risiko lebih sedikit  untuk mengalami stroke dibandingkan yang langsung tidur setelah makan. Jika kita memang harus tidur setelah makan sahur, hal itu harus dilakukan minimal 2 jam setelah makan makan.
    Karena itu, kita tidak boleh tidur setelah makan sahur bahkan jika kita mengantuk sekalipun. Hal ini demi kesehatan kita juga. (IK-SS)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *