Jumat , 18 Agustus 2017
Home / Kesehatan / Ini dia 6 Manfaat Ajaib Air Mata kita!

Ini dia 6 Manfaat Ajaib Air Mata kita!

Edupost.id – Banyak orang belum tau keajaiban di balik tetes air mata manusia. Bahkan menangis bukan sekedar proses mengalirnya air mata dari mata kita, namun ada efek luar biasa saat seseorang menangis. Anda ingin tahu? Simak 6 manfaat ajaib air mata manusia, seperti dilansir pbs.org berikut ini :

1,Membantu penglihatan

Dimulai dengan fungsi yang paling dasar dari air mata, yakni membantu kita untuk melihat. Secara harfiah, air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata kita, mereka juga mencegah dehidrasi berbagai membran mukosa yang ada di mata. Jika tidak ada pelumasan, maka penglihatan kita akan terganggu.

2. Membunuh bakteri

Tidak perlu memakai tisu yang mengandung Clorox. Cukup dengan air mata bisa menjadi agen antibakteri dan antivirus yang melawan semua kuman yang ada. Air mata mengandung lisozim, cairan yang germaphobic, karena dapat membunuh 90 sampai 95 persen bakteri hanya dalam waktu lima sampai 10 menit.

3. Membuang racun

Ahli Biokimia William Frey telah meneliti bahwa air mata yang keluar saat menangis karena luapan perasaan/emosi mengandung lebih banyak zat yang mampu membuang racun, dibandingkan air mata yang menetes karena iritasi (seperti saat mengupas bawang).

4. Menangis dapat meningkatkan suasana hati

Air mata karena luapan emosional mengandung kadar protein albumin 24 persen lebih tinggi dibandingkan air mata karena iritasi atau sebab lainnya. Protein ini bertanggung jawab dalam mengangkut banyak molekul kecil dalam mata kita.

5. Menangis bisa menurunkan stres.

Dalam artikelnya, Bergman menjelaskan bahwa air mata dapat membuang beberapa zat kimia yang terbentuk dalam tubuh akibat stres, seperti endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Bergman menulis, “Menangis bisa menurunkan tingkat stres, dan mengatasi berbagai  penyakit yang disebabkan oleh stres, seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan tukak lambung.”

6. Membantu melepaskan perasaan

Bahkan jika Anda mengalami trauma atau sedang tertekan maka menangislah. Karena air mata akan bekerja di sistem limbik otak dan di sudut-sudut tertentu jantung, memberi efek baik terhadap sistem saraf dan jantung. Sehingga anda akan merasa lebih tenang dan lega serta beban pikiran yang anda miliki menjadi tak terasa berat lagi. (AD/RR)

Check Also

IPB Raih Anugerah Kerjasama Peneliti Asing Terbaik

IPB Raih Anugerah Kerjasama Peneliti Asing Terbaik

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Anas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *