Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kesehatan / Ini dia 7 Superfood, Makanan yang Dasyat bagi Tubuh Anda

Ini dia 7 Superfood, Makanan yang Dasyat bagi Tubuh Anda

Taukah anda ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dikatakan sebagai ‘superfood’. Dinamakan demikian karena dasyatnya manfaat yang terkandung di dalamnya bagi tubuh kita. Berikut 7 makanan super itu, dilansir Health.com :

1. Blueberry atau Strawberry

Buah jenis ini banyak mengandung antioksidan, yang dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang mengancam jiwa. Sebuah studi tahun 2012 dari Harvard University menemukan bahwa mengkonsumsi setidaknya satu porsi blueberry atau dua porsi stroberi setiap minggu dapat mengurangi risiko penurunan kognitif pada orang lanjut usia.

2. Bawang Putih

Studi telah menemukan bahwa fitokimia dalam bawang putih dapat menghentikan pembentukan bahan kimia karsinogenik dalam tubuh, dan bahwa wanita yang makan lebih banyak bawang putih memiliki risiko yang lebih rendah dari kanker usus tertentu.

3. Minyak olive atau zaitun

Minyak ini menyehatkan fungsi otak dan mencegah kanker. Konsumsilah dua sendok minyak zaitun setiap harinya.

4. Bak choi

Studi menunjukkan bahwa sayuran ini mengandung nutrisi, seperti serat, vitamin C, dan folat, yang dapat menghindari resiko kematian. Sebuah studi dari Vanderbilt University menemukan bahwa penderita kanker payudara di Shanghai yang makan lobak, kubis, dan bok choy memiliki lebih rendah risiko kematian atau kambuhnya kanker selama masa itu.

5. Alpukat

Makan lebih banyak makanan yang membantu menjaga jantung Anda sehat, seperti alpukat. Alpukat bisa menurunkan LDL kolesterol “buruk” Anda sekaligus meningkatkan HDL “baik”, dan membantu tubuh Anda menyerap vitamin yang menjaga kesehatan jantung seperti beta-karoten dan likopen.

6. Tomat

Lycopene yang terkandung dalam tomat merupakan nutrisi penting dalam melawan kanker. Tomat bisa dimasak dan diolah manjadi saus pasta, sup tomat. Tomat mampu meningkatkan jumlah karotenoid untuk melawan zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh.

7. Minum teh

Ahli gizi kesehatan Frances Largeman-Roth, RD, menyebutkan manfaat daun teh yang mengandung lebih banyak antioksidan daripada tanaman hijau lainnya. Seduhlah daun teh dengan air hangat selama tiga sampai lima menit dan sajikan dengan lemon dan madu.  (IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *