Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kesehatan / Khasiat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Edupost.ID – Jengkol atau Jering Bean sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan (Fabaceae) ini berasal dari Asia Tenggara. Meskipun memiliki aroma yang tajam, jengkol telah menjadi makanan populer di Indonesia bahkan hingga Malaysia, Myanmar, Thailand. Selain bisa diolah menjadi masakan yang lezat, jengkol juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat jengkol seperti dilansir vegetafruit.

  1. Membantu pasien diabetes
    Jengkol bisa menyembuhkan sembelit yang sering terjadi pada penderita diabetes. Selain itu, zat besi yang terkandung dalam jengkol bisa menurunkan kadar gula dalam darah pada waktu yang tepat.
    Tentu saja, mengkonsumsi jengkol untuk mengatasi diabetes harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Jika anda adalah penggemar minuman dan makanan manis, maka anda bisa menggantinya dengan gula jagung. Dengan gaya hidup sehat, maka manfaat jengkol dapat dioptimalkan.
  2. Menyehatkan Jantung
    Jengkol bermanfaat bagi jantung karena kandungan mineralnya yang tinggi. Penyakit jantung koroner yang terjadi karena penyempitan pembuluh darah bisa diatasi dengan mengkonsumsi jengkol.
  3. Menyehatkan janin dan ibu hamil
    Kandungan kalsium dalam jengkol cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, termasuk tulang pada janin. Selain kalsium, kadar serat dalam jengkol juga sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi jengkol, ibu hamil bisa terhindar dari sembelit.
  4. Mengatasi anemia
    Jengkol dapat mencegah anemia dan menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan zat besi dalam jengkol cukup tinggi yaitu 4,7 gram per 100 gramnya. (Reza)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *