Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kesehatan / Kopi Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Kanker

Kopi Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Kanker

Edupost.ID – Pasien kanker usus yang meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari menunjukkan pemulihan kesehatan yang lebih baik daripada yang tidak meminum kopi. Hal itu berdasarkan penelitian terbaru dari serangkaian studi yang menunjukkan manfaat kopi bahwa ia dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, Parkinson dan kanker.

“Kami menemukan bahwa kurang lebih 1.000 pasien yang meminum kopi secara teratur memiliki kelangsungan hidup yang lebih baik,” kata Dr Charles Fuchs, dari Dana-Farber Cancer Institute Boston, dikutip dari nbncnew.

Para pasien kanker usus besar telah mengisi catatan harian mereka setiap hari tentang rincian apa yang mereka makan dan berapa banyak mereka berolahraga. Mereka semua sudah didiagnosis mengidap Tahap III kanker usus besar, yang telah menyebar ke kelenjar getah bening tetapi belum menyebar ke seluruh tubuh.

Semua pasien menjalani operasi dan kemoterapi. Namun mereka yang minum empat atau lebih cangkir kopi dalam sehari, sebnayak  42 persennya beresiko lebih rendah untuk menderita kanker kembali dibandingkan yang tidak meminum kopi.

Tetapi minum minuman berkafein lainnya seperti soda tidak memiliki efek yang sama. “Orang-orang yang mengonsumsi dua atau lebih minuman manis gula sehari memiliki hasil yang lebih buruk,” kata Fuchs. Penelitian ini masih perlu dilanjutkan kembali karena para peneliti tidak bertanya bagaimana orang meminum kopi mereka – hitam, gula, atau latte.

Apa yang membuat kopi dapat membantu? Fuchs mengatakan itu bisa dari antioksidan atau senyawa lain dalam kopi, bisa jadi efek pada metabolisme, pada mikroba yang hidup dalam usus, atau sesuatu yang lain.

Tetapi Fuchs mengatakan terlalu cepat untuk menyimpulkan kopi sebagai resep untuk pasien kanker, atau untuk mendorong orang yang tidak meminum kopi untuk memulai meminumnya. Dia ingin tim lain dari para ilmuwan untuk mencoba dan mencocokkan hasil dari temuannya. (Iyes)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *