Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kesehatan / Lima Cara Cegah Penularan Virus Zika

Lima Cara Cegah Penularan Virus Zika

Edupost.id – Virus zika ditularkan melalui media nyamuk Aedes aegypti, gejala dari virus masih sama seperti  gejala demam berdarah, penyakit kuning dan cikungunya. Beberapa riset menyebutkan bahwa virus ini dapat menyebabkan kematian apalagi bagi ibu hamil karena bisa merusak proses pertumbuhan bayi dalam kandungan. Berikut ini lima cara pencegahan virus zika seperti dilansir Readers.

  1. Memakai Pakaian yang panjang

Hal ini serupa dengan pencegahan pada penyebaran virus demam berdarah atau cikungunya. Mengenakan pakaian panjang dapat meminimalisir nyamuk agar tidak menggigit.

  1. Menggunakan Produk anti serangga

Sebaiknya gunakan produk anti serangga sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan produk, hal ini demi mencegah serangan gigitan. Selektif memilih produk anti nyamuk sangat diperlukan untuk mewaspadai bahaya yang beresiko tinggi ini.

  1. Perhatikan kebersihan suatu tempat

Sebelum hendak mengunjungi suatu daerah, lebih aman dianalisa dahulu fasilitas kesehatan dan area ruangan terbuka atau tertutup dari tempat tersebut. Setidaknya mengetahui perkembangan secara rutin negara dan wilayah dengan transmisi virus Zika aktif dan paham ketika terancam virus  zika.

  1. Memperhatikan kondisi lingkungan anak

Anak paling sensitif dengan kasus virus zika. Pencegahan penularan virus ini bisa dengan memasang lapisan kelambu di depan atau belakang jendela saat mereka tidur siang atau malam.

  1. Tes Virus Zika

Lakukan serangkaian tes virus zika, saat kembali dari tempat yang beresiko tinggi penyakit.  Hal ini akan membantu pencegahannya secara cepat, adanya alat pendeteksi di  tempat-tempat seperti bandara juga diperlukan untuk pengunjung dan warga lokal. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *