Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kesehatan / Lima Cara Rampingkan Perut Tanpa Olahraga dan Diet
obesitas
obesitas

Lima Cara Rampingkan Perut Tanpa Olahraga dan Diet

Edupost.id – Kebanyakan orang mendambakan perut yang ramping dan berat badan yang ideal. Tak sedikit dari mereka yang tak sempat berolahraga dan sering gagal dalam program dietnya. Berikut ini lima cara merampingkan perut tanpa olahraga dan diet yang bisa Anda coba, seperti yang Edupost.id rangkum dari Shape.

1.Kurangi minuman manis

Mengkonsumsi minuman manis setiap hari mengalami penambahan 27 persen lemak seperti yang dijelaskan dalam jurnal Circulation. Soda, jus yang ditambah gula, kopi dan smoothies mengandung banyak gula yang menyebabkan perut menjadi buncit. Robin Foroutan, juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan agar mengkonsumsi jus sayur untuk mengurangi konsumsi gula. Selain itu, dianjurkan minum teh hijau tanpa gula untuk mempercepat metabolisme. Senyawa teh dalam teh hijau, teh hitam dan oolong bermanfaat membantu mengurangi lemak di perut.

2. Hindari stres berlebihan

Stres terus menerus menyebabkan tubuh mengeluarkan kortisol, hormon yang mempercepat penumpukan lemak di perut. Untuk mengurangi stres, cobalah meditasi atau yoga.

3. Regangkan perut

Sempatkan diri selama beberapa menit meregangkan punggung di atas bola fitness atau lakukan spinal twist di lantai. Ahli biomekanik Katy Bowman yang menulis buku Move Your DNA berujar, meregangkan perut dapat memperbaiki latihan perut dengan memperbaiki jangkauan gerakan. 

4. Perbanyak sayur saat makan malam

Makanlah cukup banyak di siang hari dan lebih sedikit di malam hari. Cobalah makan sup dan sayuran untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi di Diabetic Medicine menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang menganut pola makan vegetarian dan mengombinasikan dengan olahraga aerobik intensitas sedang 3 kali seminggu, mengalami penurunan lemak perut lebih banyak dibandingkan yang makan pola makan rendah karbohidrat biasa. 

5. Istirahat yang cukup

Kurang tidur menyebabkan kenaikan berat badan. Sebuah studi enam tahun di International Journal of Obesity menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam semalam mengalami kenaikan lebih dari dua kali lemak di perut dibandingkan yang tidur tujuh hingga delapan jam semalam. Karena itu, agar tidur lebih nyenyak, matikan ponsel, komputer, tablet atau TV satu jam sebelum tidur dan jaga temperatur ruangan tetap sejuk. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *