Kamis , 21 September 2017
Home / Kesehatan / Lima Cara Redakan Nyeri Menstruasi secara Alami
cara redakan nyeri haid
Cara redakan nyeri haid 9foto: remediahome)

Lima Cara Redakan Nyeri Menstruasi secara Alami

Edupost.id – Kram perut yang sering dirasakan kaum wanita saat mengalami siklus menstruasi atau haid memang cukup mengganggu. Tak hanya menghalangi kelancaran aktivitas tapi juga menyiksa akibat rasa sakit yang terus mendera. Berikut ini beberapa cara meredakan rasa nyeri menstruasi secara alami yang Edupost.id himpun dari Medicaldaily.

  1. Mengompres perut

Berbaringlah dan taruh kompres bersuhu hangat di sekitar perut bawah. Gunakan kompres selama sekitar 15 menit untuk membantu menghilangkan tekanan dan nyeri perut.

2. Minum ramuan herbal pelancar menstruasi

Beberapa tanaman dikenal berkhasiat melancarkan proses menstruasi sehingga mengurangi rasa nyeri. Saat ini sudah banyak dijual bebas jamu atau minuman herbal tersebut yang dikemas secara praktis. Konsumen dapat langsung menyeduhnya dengan air putih dan bisa langsung meminumnya.

3. Yoga

Pose-pose yoga tertentu dapat membuat tubuh rileks dan melenturkan otot-otot sekitar perut. Bernapas dalam-dalam selama melakukan pose yoga juga dapat membantu otot untuk rileks, termasuk otot uterus.

4. Olahraga

Olahraga ringan seperti berjalan dan berenang dapat membantu meningkatkan aliran oksigen di seluruh tubuh sehingga membuat otot rileks.

5. Kurangi konsumsi produk susu

Mengurangi konsumsi produk susu seperti keju, yogurt, dan es krim selama menstruasi juga dapat mengurangi kram dan nyeri menstruasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *