Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kesehatan / Lima Cara Sembuhkan Sariawan secara Alami
Lima Cara Sembuhkan Sariawan secara Alami
Lima Cara Sembuhkan Sariawan secara Alami

Lima Cara Sembuhkan Sariawan secara Alami

Edupost.id – Sariawan memang bukan termasuk penyakit berat namun kehadirannya terasa cukup mengganggu. Terlebih saat kita sedang makan atau berbicara, kadang kita harus menahan perih akibat penyakit ini. Ada beberapa cara ynag bisa dilakuakn untuk menyembuhkan sariawan secara alami seperti penjelasan Prevention.

1.Hindari makan asam dan manis

Saat sariawan datang, hindari minum jus jeruk atau apapun yang rasanya asam. Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lanjut, menyebabkan sensasi terbakar, dan memperpanjang proses penyembuhan, kata Rajan Sharma, DDS, pemilik EON Clinic.”Perlu diingat, bahwa bakteri dalam mulut Anda juga dapat mengubah gula menjadi asam,” tambahnya. “Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi dan memperpanjang proses penyembuhan sariawan.

2. Ganti pasta gigi

Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) dapat memicu sariawan pada beberapa orang. Pasta gigi bebas SLS mungkin tidak bisa menghilangkan sariawan tapi setidaknya tidak mengiritasi sariawan sebanyak pasta gigi lainnya.

3. Berkumur dengan air garam

Ini adalah metode yang dianjurkan oleh beberapa dokter gigi. Meski rasanya sangat tidak menyenangkan, tetapi cairan garam bekerja cukup baik untuk membantu mempercepat kesembuhan. Garam memiliki sifat membersihkan dan mengeringkan luka, serta mematikan rasa sakit untuk sementara.

4. Oleskan susu magnesium

Anda mungkin tahu susu magnesium, atau magnesium hidroksida yang digunakan sebagai bahan dasar obat sakit maag dan sembelit. Susu magnesium juga dapat membantu dalam mengalahkan sariawan.Seperti, baking soda, susu magnesium bersifat alkali, yang dapat menetralkan asam lambung dan asam di mulut. Susu magnesium juga membentuk lapisan di atas, luka untuk sementara luka terlindungi dari iritasi. Anda bisa menggunakan susu magnesium untuk berkumur atau langsung dioleskan ke bagian mulut yang sariawan.

5. Berkumur dengan baking soda

Baking soda bersifat alkali, sehingga dapat membantu menetralkan asam di mulut yang memperparah rasa sakit, sambil membersihkan dan menenangkan rasa nyeri pada saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda campur ke dalam secangkir air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari selama beberapa menit. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *