Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Kesehatan / Lima Fakta Unik Tentang Keringat yang Perlu Diketahui

Lima Fakta Unik Tentang Keringat yang Perlu Diketahui

Edupost.id – Setiap orang pasti pernah berkeringat. Namun, taukah anda bahwa ada racun tertentu dalam tubuh yang hanya bisa dinetralisir oleh keringat? Atau pernahkah anda melihat keringat berwarna merah? Berikut ini beberapa fakta unik tentang keringat yang perlu diketahui, seperti dilansir discovermagazine.

1. Keringat terdiri dari 99 persen air

Keringat menguap di permukaan kulit sebagai pendingin tubuh dan menjaga dari panas yang berlebihan. Jumlah keringat tiap orang berbeda-beda. Pria berkeringat dua kali lebih banyak daripada perempuan. Sepasang kaki anda memiliki 250.000 kelenjar keringat, memancarkan setengah liter cairan setiap harinya.

2. Keringat berwarna

Kuda nil memproduksi keringat berwarna merah, yang bertindak sebagai antibiotik dan tabir surya. Namun, jika anda memiliki keringat berwarna merah, anda memiliki kondisi langka yang disebut hematohidrosis. Pembuluh darah pecah dan mengenai kelenjar keringat sehingga menyebabkan berkeringat darah. Kondisi langka lainnya yaitu Chromhidrosis, menyebabkan manusia berkeringat berwarna oranye, biru atau warna lainnya. Penyebabnya masih misteri.

3. Keringat Bau

Berkeringat bisa disebabkan karena berolahraga, kepanasan, atau stres. Berkeringat saat stres memiliki bau yang terburuk. Bau berasal dari protein dan lemak yang bereaksi dengan bakteri pada kulit anda. Menurut sebuah studi antropologi yang dilakukan oleh peneliti dari Republik Ceko, keringat dari seseorang yang mengkonsumsi daging lebih bau daripada keringat dari seorang vegetarian.

4. Beberapa racun hanya dapat dihapus keringat

Penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan. Inilah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun). Anda tidak hanya kehilangan air ketika anda berkeringat, anda juga kehilangan molekul lemak yang larut dalam air.

5. Keringat Diolah Jadi Air Minum

UNICEF bersama insinyur dari Swedia, Andreas Hammar bekerja sama menciptakan Mesin Sweat (tahun 2013). Mesin ini telah menarik perhatian jutaan orang. Mesin ini mampu membuat air minum dari pakaian yang berkeringat melalui proses pemintalan, pemanasan dan penyaringan.  (IK-SS)

Check Also

IPB Raih Anugerah Kerjasama Peneliti Asing Terbaik

IPB Raih Anugerah Kerjasama Peneliti Asing Terbaik

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Anas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *