Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kesehatan / Lima Khasiat Minum Air Beras (Tajin) bagi Kesehatan

Lima Khasiat Minum Air Beras (Tajin) bagi Kesehatan

Edupost.ID – Air tajin atau air rebusan beras sudah sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air tajin mengandung glukosa, magnesium (Mg), kalsium (Ca) dan protein. Berikut ini beberapa khasiat dari air beras (tajin) bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healthy.

  1. Mengatasi Sembelit
    Kandungan serat dalam air beras memudahkan buang air besar. Selain itu, pati yang terkandung dalam air ini bisa membantu pertumbuhan bakteri baik dalam perut sehingga menjaganya agar tetap bebas dari sembelit.
  2. Diare
    Air Beras adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati diare pada bayi. Banyaknya cairan yang hilang dari tubuh selama diare dapat tergantikan dengan bantuan air beras ini.
  3. Menambah Energi
    Air beras atau air tajin sangat baik dalam meningkatkan energi tubuh, terutama ketika akan memulai aktivitas atau setelah kelelahan melakukan pekerjaan berat sehari-hari. Hal ini disebabkan air tajin kaya karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama untuk melakukan berbagai aktivitas kita lakukan. Minum segelas air tajin bahkan bisa membuat anda kenyang dan mampu melakukan aktivitas hingga sore hari.
  4. Mengencangkan kulit
    Karakteristik air beras yang efektif dalam mengencangkan pori-pori menyebabkan kulit menjadi cerah dan bersinar. Air beras juga bisa digunakan sebagai toner atau sabun untuk mencuci wajah karena sifatnya yang bisa membersihkan noda.
  5. Mengatasi gejala Eksim
    Pati yang terkandung dalam air beras diketahui bermanfaat dalam mengurangi gejala eksim. Caranya celupkan sebuah kain dingin ke dalam air beras lalu tepuk seluruh kulit selama beberapa menit untuk membantu mengurangi gatal yang mengganggu.
  6. Menyehatkan rambut
    Air beras menambah kilau dan membantu memperbaiki folikel rambut di kepala. Memijat air beras di kulit kepala anda dapat menyingkirkan gatal dan radang yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Air beras juga bisa dipakai sebagai kondisioner untuk memijat rambut anda setelah keramas lalu bilas dengan air dingin.
  7. Memutihkan wajah
    Gunakan air beras sebagai masker pemutih wajah. Pakailah setiap hari, tapi sebelumnya bersihkan wajah dari sisa kosmetik dengan air hangat. Setelah masker ini kering bilaslah wajah dengan air hangat lalu air dingin. (IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *