Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Buah Kurma yang Perlu Diketahui
kurma
Kurma (foto:organicfood)

Manfaat Buah Kurma yang Perlu Diketahui

Edupost.id – Saat berbuka puasa, umat Islam dianjurkan makan buah kurma. Kurma merupakan buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat buah kurma yang perlu diketahui, seperti dilansir organic fact.

1. Mengatasi Konstipasi

Kurma sering disebut juga makanan pencahar karena dapat mengatasi konstipasi atau sembelit. Kurma kaya akan serat yang bisa memperlancar pencernaan. Untuk mendapatkan nutrisi penting dari kurma, sebaiknya kurma direndam dalam air selama semalam lalu konsumsi pada pagi harinya.

2. Mencegah osteoporosis

Kurma mengandung berbagai mineral penting yang dapat menguatkan tulang diantaranya selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Hal ini membuat kurma mampu mencegah penyakit osteoporosis yang sering diderita orang usia lanjut.

3. Mengobati anemia

Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat ini sangat dibutuhkan bagi penderita anemia untuk membantu pembentukan sel darah merah.

4. Mengatasi gangguan usus

Kandungan nikotin dalam kurma bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan usus. Selain itu, menghambat organisme patologis dan merangsang pertumbuhan bakteri baik dlaam usus.

5. Mengatasi alergi

Kandungan sulfur dalam kurma berkhasiat mencegah alergi. Studi di USA tahun 2012 menunjukkan kurma bisa mengatasi gejala alergi kronis.

6. Menjaga berat badan

Kurma mengandung gula, protein dan banyak vitamin esensial . Untuk mendapatkan berat badan ideal, konsumsilah kurma bersama timun. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, jumlah kalori sebanyak ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tubuh manusia. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *