Jumat , 24 November 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Puasa Bagi Penderita Kanker
Manfaat-Puasa-Bagi-Penderita-Kanker
Ilustrasi: Penderita Kanker. (Foto: Shutterstock)

Manfaat Puasa Bagi Penderita Kanker

Edupost.id – Puasa bukanlah hal baru bahkan sudah menjadi rekomendasi dalam dunia kedokteran dan agama sejak beberapa abad lalu. Banyak manfaat yang didapat bagi seseorang yang berpuasa, terutama bagi penderita kanker. Seperti yang dilansir dari Hope4cancer, sebuah studi menjelaskan tentang manfaat berpuasa bagi penderita kanker.

Profesor gerontologi dan biologi di USC, Valter Longo dalam studinya tahun 2009 mengungkapkan, masa tunggu sel seseorang yang berpuasa hampir sama dengan hibernasi pada hewan. Namun, sel tumor kanker tidak berhenti tumbuh dan tidak hibernasi karena jalur genetik mereka dalam kondisi ‘on mode’. Longo menyadari bahwa respon rasa lapar mungkin membedakan sel sehat dengan sel kanker dengan ketahanan stres. Sel sehat juga dapat berperan selama proses kemoterapi.

Bagi pasien kanker yang telah kehilangan sepuluh persen dari berat badan mereka, atau yang memiliki penyakit kronis (seperti diabetes), puasa bisa saja berbahaya. Mereka perlu berkonsultasi pada dokter. Sementara bagi seseorang yang mencoba berpuasa, ia dapat meningkatkan sensitivitas pada insulin dan mengurangi resistensi insulin yang dikaitkan pada berbagai jenis kanker.

Salah satu studi besar pertama terjadi pada tahun 1945 dan menunjukkan bahwa puasa tidak hanya memperpanjang hidup, tetapi mengurangi prevalensi atau seberapa sering tumor kanker payudara pada tikus muncul. Studi lain pada tahun 2009 membuktikan puasa bahkan dapat mengurangi efek samping karena kemoterapi dengan dosis tinggi. (Nisa)

Check Also

Antibiotik

Hati-hati, Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Bahayakan Tubuh

Edupost.ID – Bakteri atau mikroba yang ada dalam tubuh manusia ternyata bisa menjadi resisten atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *