Sabtu , 23 September 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Teh Hijau yang Belum Diketahui Wanita

Manfaat Teh Hijau yang Belum Diketahui Wanita

Edupost.ID – Pekerjaan yang menumpuk serta kurangnya istirahat akan membuat kinerja otak menurun. Seperti yang dilansir dari Safebee, ada empat makanan yang mampu meningkatkan memori otak dan mencegah pikun.

  1. Kunyit
    Kunyit adalah rempah yang terkenal di Asia Tenggara. Rempah ini mengandung kurkumin, senyawa antioksidan yang dikenal untuk memerangi peradangan dalam tubuh. Penelitian baru menunjukkan kunyit juga dapat melindungi memori otak, terutama ketika sulit mengingat sesuatu atau pikun karena kadar gula darah tinggi.
    Para peneliti di Taiwan melakukan sebuah percobaan dengan memberi kapsul berisi satu gram kunyit kepada penderita diabetes. Enam jam kemudian para peneliti menemukan bahwa kinerja otaknya meningkat.
    “Peningkatan memori sekitar sepuluh persen. Jelas sekali kunyit sangat menguntungkan,” ujar Mark Wahlqvist, penulis utama dari studi dan kepala pengobatan di Universitas Monash Melbourne, Australia. Wahlqvist mengatakan, menambahkan satu gram kunyit atau sekitar seperempat sendok teh pada masakan atau minuman per harinya, akan sangat bermanfaat bagi otak.
  2. Sayuran Hijau (Bayam, Kangkung, Sawi)
    Sayuran yang memiliki warna biasanya padat akan gizi. Artinya sayuran tersebut lebih banyak memberikan nutrisi daripada sayuran dengan warna yang lebih muda. Sayuran seperti bayam mampu mengurangi gejala pikun dari penyakit alzheimer, memusatkan kemampuan kognitif, meningkatkan memori otak dan berperan penting dalam proses penuaan dini.
    Sebuah penelitian dengan menguji 954 orang selama lima tahun membuktikan bahwa beberapa orang yang makan sayur satu sampai dua porsi sehari terlihat lebih muda dari mereka yang tidak makan sayur yang berwarna hijau. Hal ini karena sayuran hijau mengandung vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten. Menambahkan satu porsi sayuran hijau dalam menu makanan atau minuman harian akan sangat berpengaruh bagi kesehatan.
  3. Buah Cokelat
    Buah cokelat yang sudah diolah menjadi minuman cokelat panas kaya akan senyawa antioksidan yang disebut flavonol. Senyawa ini membantu memperlambat hilangnya memori atau pikun yang berkaitan dengan usia dan penyakit alzheimer.
    Para ilmuwan di Universitas Columbia menggunakan MRI dan sejumlah tes memori untuk mengevaluasi efek dari flavonol di dalam cokelat. Selama tiga bulan, para peserta yang berusia 50- 69 tahun dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok 900 mengkonsumsi miligram per hari dari flavonol  sedangkan kelompok yang lain hanya mengkonsumsi 10 miligram per hari. Hasilnya adalah mereka yang mengkonsumsi 900 miligram kemampuan kerja otaknya lebih baik dari yang mengkonsumsi 10 miligram per hari.
  4. Blueberry
    Buah ini terbukti mampu meningkatkan kerja otak dan mengurangi pikun berkat antosianin dan flavonoid dari warna birunya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health menemukan dengan meminum 15-21 ons jus blueberry liar per hari selama 12 minggu, mampu meningkatkan kemampuan belajar secara signifikan.
    Menurut Robert Krikorian, seorang profesor psikiatri di Sekolah Kedokteran Universitas Cincinnati, minum satu setengah sampai dua cangkir selama tiga kali seminggu sangat berpengaruh bagi kesehatan. Namun, buah yang segar lebih banyak manfaatnya dari buah yang ditaruh di dalam kulkas. (Nisa)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *